Yang Perlu Diperhatikan Waktu Buka Puasa Saat Masih Mengemudi

Jakarta, TechOPet —

Tanda disadari jadwal buka puasa terkadang tiba waktunya saat sedang asyik mengerjakan sesuatu, termasuk bisa terjadi saat lagi mengemudi. Makan saat mengemudi buat buka puasa bukan hal rekomendasi untuk dilakukan, ada tips guna mengatasi situasi ini.

Melakukan aktivitas lain ketika mengemudi bisa mengganggu konsentrasi pengemudi. Perlu dipahami meleng cuma sekian detik bisa berakibat fatal saat mengemudi di jalan raya bahkan untuk pengemudi yang sudah sangat berpengalaman.

Berikut ini tips buat Anda yang sedang mengemudi ketika dekat waktu berbuka puasa



Menepi sejenak

Berbuka puasa tak boleh ditunda-tunda. Jika sedang bekerja maka segera istirahat sejenak untuk membatalkan puasa, demikian pula saat sedang mengemudi. Anda sebaiknya segera mengurangi kecepatan untuk mencari tempat peristirahatan.

Tidak disarankan membatalkan puasa dengan minum atau makan takjil sambil mengemudi meskipun dengan bantuan penumpang depan. Pilihan terbaik dalam situasi ini adalah menepi kemudian berhenti sejenak.

Misal tidak ada lokasi peristirahatan atau area untuk berhenti yang dekat, sebaiknya jangan dipaksakan berhenti. Apabila pilihannya berhenti di pinggir jalan, pastikan dulu faktor keselamatan dan keamanan terutama dari sisi lalu lintas.

Jangan sampai demi berhenti untuk membatalkan puasa malah justru mengorbankan keselamatan diri atau pengguna jalan lainnya.

Siapkan menu buka puasa

Tips berikutnya yakni jangan lupa membawa takjil, minuman, atau makanan ringan sebagai pembatal puasa di dalam mobil.

Sebab akan sangat percuma jika sudah menepi dengan aman atau mendapat lokasi tempat peristirahatan yang tepat namun masih kesulitan mencari makanan buat buka puasa.

Makanan yang bisa Anda bawa sebagai bekal pembatal puasa antara lain biskuit, roti kemasan, maupun kue. Di samping itu jangan lupa bawa minuman dalam kemasan yang mudah dan praktis dibawa di dalam mobil.

Utamakan keselamatan

Perlu ditekankan jangan pernah mengemudi sembari makan dan minum meskipun masuk waktu berbuka puasa telah tiba. Hal ini juga berlaku saat macet dan tidak ada penumpang lain di kabin mobil.

Jangan memaksakan mengambil air minum atau bekal takjil jika sulit dijangkau.

Ada baiknya sebelum mengemudi membuat perencanaan rute dan estimasi waktu tiba agar bisa sampai di lokasi tujuan sebelum waktu berbuka. Rencana perjalanan yang matang juga dapat menghindari Anda dari terjebak kemacetan dan harus berbuka di mobil, mengutip Auto2000.

(ryh/fea)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar