Waktu Terbaik Lihat Puncak Hujan Meteor Eta Aquarid 6-7 Mei

Jakarta, TechOPet —

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengungkapkan puncak hujan meteor Eta Aquarid akan berlangsung pada Kamis (6/5). Hujan meteor Eta Aquarid sudah aktif sejak 19 April hingga 28 Mei 2021.

Lapan menyampaikan waktu puncak hujan meteor Eta Aquarid yang bisa disaksikan di langit Indonesia pada pukul 09.00 WIB/ 10.00 WITA/ 11.00 WIT.

Hujan meteor itu dinamai Eta Aquarid berdasarkan titik radiannya, titik asal munculnya hujan meteor yang terletak di konstelasi Aquarius. Hujan meteor itu juga diketahui berasal dari sisi debu komet Halley yang mengorbit matahari setiap 76 tahun sekali.



Hujan meteor Eta Aquarid merupakan salah satu diantara beberapa hujan meteor lain yang dinantikan setiap tahun, selain Leonid, Geminid, Lyrid, dan Perseid.

Melansir Plenetarium Jakarta, puncak hujan meteor Eta Aquarid berlangsung sejak 6-7 Mei dan bisa diamati setiap harinya dari pukul 01.26 WIB hingga terbit Matahari pukul 05.53 WIB.

Melansir Space, dalam kondisi ideal (langit gelap tanpa bulan) sekitar 30 hingga 60 meteor dapat terlihat per jam, termasuk Hujan meteor Eta Aquarid.

Tahun ini akan menjadi tahun yang sangat baik untuk mengamati fenomena itu karena bulan akan berada dalam fase sabit, hanya 28 persen yang diterangi dan memberikan sedikit gangguan untuk melihat lintasan cahaya dari meteor itu.

[Gambas:Instagram]

(jps/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar