Waduh! 128 Juta Pengguna iOS Menginstal Malware di iPhone Mereka

techopet.com – Email yang telah diterbitkan sebagai bagian dari uji coba Epic Games v. Apple mengungkapkan bahwa pada 2015, 128 juta pengguna iOS menginstal 2.500+ aplikasi yang terinfeksi dipengaruhi oleh malware XcodeGhost.

Malware tersebut ditempatkan di dalam aplikasi yang tampaknya resmi dan pada saat itu diyakini sebagai peretasan terbesar terhadap pengguna iPhone berdasarkan jumlah orang yang terpengaruh.

Dari 128 juta pengguna yang terkena dampak tersebut di atas, 18 juta berasal dari AS.

Malware itu digunakan untuk menambang data dari pengguna iOS dan Dale Bagwell, manajer pengalaman pelanggan iTunes Apple, mengatakan bahwa ada 203 juta unduhan dari 2500+ aplikasi yang sarat malware.

Karyawan Apple lainnya menulis dalam email bahwa China mewakili 55 persen pelanggan dan 66 persen unduhan. Sejumlah besar (18 juta pelanggan) terpengaruh di AS.

Malware itu seharusnya dapat mengambil informasi pribadi dari korban termasuk nama aplikasi yang terinfeksi, nama dan jenis perangkat, informasi jaringan, dan lainnya.

Malware di smartphone. [Shutterstock]
Malware di smartphone. [Shutterstock]

“Kami tidak mengetahui data pelanggan yang dapat diidentifikasi secara pribadi terpengaruh dan kode tersebut juga tidak memiliki kemampuan untuk meminta kredensial pelanggan untuk mendapatkan iCloud dan kata sandi layanan lainnya,” tulis Apple dalam situsnya.

Kode berbahaya dapat hanya dapat memberikan beberapa informasi umum seperti aplikasi dan informasi sistem umum.

Email lain menunjukkan bahwa Apple mencoba mencari tahu pentingnya peretasan tersebut, dan bagaimana hal itu akan memberi tahu para korban tentang hal itu.

Matt Fischer, wakil presiden Apple untuk App Store, bertanya-tanya apakah Apple ingin mengirim email ke semua pelanggannya yang terkena dampak peretasan tersebut.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar