VIDEO: Menakar Seberapa Penting Booster Vaksin Covid-19

REUTERS, TechOPet | Jumat, 02/07/2021 17:03 WIB

Jakarta, TechOPet —

Melonjaknya kasus Covid-19 di sejumlah negara membuat munculnya kemungkinan dibutuhkan booster vaksin atau suntikan dosis ketiga vaksin itu. Inggris dan Rusia kini tengah menyusun rencana kampanye booster vaksin sebagai bagian dari upaya mereka agar dapat hidup berdampingan dengan Covid-19.

Cara kerja booster vaksin Covid-19 mirip dengan vaksin tetanus atau flu. Seseorang yang divaksinasi mungkin memerlukan dosis booster vaksin untuk tetap terlindungi dari jenis virus corona dan varian yang bermunculan.

Hal ini, mirip saat booster tetanus direkomendasikan setiap 10 tahun atau vaksin flu yang direkomendasikan setiap tahun. Meski masih menjadi pro kontra, booster vaksin diklaim kuat hadapi Covid-19.

Para ilmuwan juga sedang meneliti apakah ada bedanya jika seseorang mendapat jenis vaksin yang sama sebagai booster seperti dosis aslinya yang diberikan. Mereka juga sedang meneliti apakah ada bedanya jika seseorang mendapat jenis vaksin yang sama sebagai booster seperti dosis aslinya yang diberikan.

Saat ini di AS belum memutuskan apakah perlu membutuhkan vaksin booster, termasuk vaksin yang sesuai untuk suntikan ketiga itu. Namun Inggris sudah menentukan September akan memulai booster vaksin. Sementara itu Pfizer, Moderna dan Johson and Johson saat ini tengah menyelidiki penggunaan vaksin booster.



Bagikan

Tinggalkan komentar