Universitas BSI Gelar Webinar Peran Wanita di Dunia Digital |TechOPet Online

Wanita harus memiliki kemampuan literasi digital agar mampu berperan sesuai tujuan

TechOPet.com, PONTIANAK–Dalam rangka memperingati hari lahirnya Raden Ajeng Kartini, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak mengadakan webinar dengan tema ‘Peran Wanita Dalam Dunia Digital’.

Webinar kali ini diisi  Wanty Eka Jayanti yang merupakan dosen Universitas BSI kampus Pontianak sekaligus sebagai pendamping Literasi Digital Indonesia, fasilitator Woman Will dan pengurus Salimah Sungai Kakap dan dimoderatori  Eka Ayu Wulandari selaku wakil ketua HIMSI.

Menurut Wanty, peran wanita di dalam dunia digital sangat banyak dan penting. Sebab seorang wanita memiliki sifat khas kewanitaannya yang banyak dituntut oleh masyarakat luas. Salah satu contoh perkembangan wanita di era teknologi adalah wanita termasuk pembeli online terbanyak. 

“Dalam dunia usaha sebagian besar pemberi online adalah wanita dengan komoditas yang paling banyak terjual seperti busana, perabotan memasak, pakaian, sepatu, kosmetik, dan masih banyak lagi. Sementara pengusaha wanita lebih sedikit dibanding pria,” kata Wanty, Sabtu (24/4).

Sebagai wanita dimasa pandemi tak dapat terelakkan bahwa berdampingan erat dengan dunia digital merupakan salah satu kebutuhan. Menjalankan berbagai peran sebagai wanita sangat terbantukan dengan berada dalam dunia digital.

“Namun, tidak sedikit yang terjerumus dengan dunia digitalisasi, berbagai bentuk tindakan penyelewangan terjadi salah satunya karena terlalu akrab dan terbuai dengan dunia digital. Alat komunikasi dan media informasi yang beragam dan menarik menjadi salah satu ujian akan digunakan sebagai alat support positif atau negatif diri,” ujarnya.

Ia menambahkan, oleh karena itu, wanita harus memiliki kemampuan literasi digital demi menyaring dan memilah dengan baik mana-mana yang memiliki kebermanfaatan dari teknologi sehingga mampu berperan sesuai tujuannya, yakni memudahkan aktivitas manusia, sebab tak sedikit dari wanita yang menjadi sasaran empuk sisi tajam dari teknologi seperti penyebaran hoax dan penipuan.

 

 

Bagikan

Tinggalkan komentar