Tips dan Trik Membuat CV yang Menarik di Canva

Tips dan Trik Membuat CV yang Menarik di Canva

Tips dan Trik Membuat CV yang Menarik di Canva

CV atau Curriculum Vitae merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam proses melamar pekerjaan. CV biasanya dibuat dengan desain yang menarik agar dapat dilirik oleh para recruiter. Untuk membuat desain CV yang menarik kamu perlu melakukan editing.

Kini dalam melakukan editing tidak perlu repot karena Canva bisa mempermudah kamu dalam proses pembuatan dan pengeditan CV. Artikel ini akan membahas tentang tips dan trik membuat CV yang menarik di Canva.

1. Mengenal Canva

Sebelum mulai tips dan trik membuat CV yang menarik di Canva, bagi kamu yang belum tau, kamu harus mengenal Canva terlebih dahulu.

Canva merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai alat bantu desain dan publikasi. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2013. Canva memiliki misi untuk memberdayakan semua orang agar dapat membuat desain dan mempublikasikannya.

Aplikasi ini mudah untuk digunakan oleh para desainer pemula karena disediakan bermacam-macam template untuk beragam jenis keperluan desain. Pengeditan menggunakan aplikasi ini juga sangat simpel dan mudah karena antarmukanya tidak ribet.

Canva memiliki banyak fitur dengan kegunaan yang beragam. Fitur tersebut tersedia secara gratis. Namun jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, kamu bisa mendaftar premium dengan berlangganan.

2. Cara membuat CV di Canva

2.1. Membuat akun Canva terlebih dahulu

Apabila kamu ingin membuat CV yang menarik di Canva, tentunya kamu harus memiliki akun Canva terlebih dahulu. Cara untuk membuat akun Canva menggunakan laptop atau PC yaitu:

  • Masuk ke web browser Google Chrome ataupun Mozilla Firefox di laptop atau PC
  • Cari “Canva” di kolom pencarian dan buka portal resminya
  • Untuk membuat akun Canva klik “Sign Up”, jika sebelumnya sudah punya akun Canva maka tinggal login saja
  • Dalam mendaftar akun Canva, kamu bisa menggunakan Google, Facebook, maupun Email, kamu bisa memilih salah satunya
  • Untuk registrasi menggunakan Facebook atau Google kamu akan dimintai izin akses Canva ke akun Facebook atau Google milikmu.
  • Jika kamu registrasi menggunakan email, maka kamu perlu mengisi nama, email, dan sandi pada kolom “Create your account’ lalu klik “Sign Up
  • Lakukan verifikasi email dengan membuat kontak masuk emailmu
  • Kamu akan disuruh memilih untuk tujuan apa kamu menggunakan Canva, pilihannya ada education, small business, large company, nonprofit dan personal, pilihlah opsi yang “Personal
  • Kini kamu sudah memiliki akun Canva dan bisa membuat CV di Canva.

2.2. Mulai membuat CV

Untuk membuat CV di Canva, kamu login ke akun Canva yang telah dibuat. Setelah itu, kamu bisa memilih menu “Resume” untuk membuat CV. Canva menyediakan berbagai template CV di menu Resume, kamu bisa memilih template yang disukai dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Ada banyak template resume atau CV yang tersedia di Canva, mulai dari desain modern, minimalis, simple, corporate, dan juga scholarship. Template CV yang tersedia juga ada yang gratis dan ada yang premium atau berbayar.

2.3. Mengedit dan mendesain CV sesuai dengan kebutuhan

Kamu bisa mengisi bagian data CV dengan data milikmu mulai dari informasi pribadi, data pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan, dan data lainnya. Kamu bisa memberi desain pada CV kamu sesuai dengan kebutuhan dan bidang pekerjaan.

Agar tampilan CV kamu semakin menarik, kamu bisa berkreasi tanpa batas dengan memanfaatkan fitur yang ada, mulai dari mengganti background, warna, hingga memilih font.

2.4. Memberikan elemen pada CV

Melalui Canva, kamu bisa menambahkan banyak elemen yang tersedia, mulai dari garis, gambar, dan lainnya agar tampilan CV kamu semakin indah dan berkualitas.

Kamu bisa menambahkan berbagai elemen pada CV yang kamu buat di Canva, seperti gambar, garis, atau unsur grafis lain yang dapat memperindah kertas daftar riwayat hidupmu. Untuk menambahkan elemen foto pada CV, kamu bisa memilih menu “Photos” atau “Uploads”.

2.5. Simpan CV yang telah dibuat

Apabila kamu telah membuat dan mendesain CV dengan baik sesuai dengan kebutuhan kamu, kini kamu bisa menyimpan CV tersebut untuk digunakan. Jangan lupa sebelum itu periksalah kembali apakah ada kesalahan pengetikan atau kesalahan informasi yang dicantumkan.

Cara menyimpan CV yang telah dibuat di Canva yaitu:

  • Klik tombol dengan simbol tanda panah menghadap ke bawah yang ada di atas layar
  • Jika muncul kotak “Download”, klik kotak tersebut
  • Pilih format file yang dibutuhkan, apakah itu PDF, JPG, dan PNG
  • Klik pada salah satu format yang dipilih, setelah itu CV akan terdownload secara otomatis dan tersimpan pada folder Download

Apabila terjadi kendala ketika membuat CV di Canva, file kamu akan tersimpan di database Canva pada menu “All Your Design”. Jika kamu ingin memperbarui CV yang telah dibuat sebelumnya, kamu juga bisa membuka database Canva tersebut.

Kamu bisa membagikan CV tersebut pada perusahaan yang ingin kamu lamar menggunakan email atau aplikasi pencari kerja.

3. Tips dan trik membuat CV yang menarik di Canva

Berikut ini adalah tips dan trik membuat CV di Canva untuk menghindari kesalahan dalam melamar pekerjaan.

3.1. Memilih template CV yang sesuai dengan profesi yang hendak kamu lamar

Carilah tempat yang paling sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan desainnya juga menyesuaikan. Kamu boleh menuangkan kreativitas, namun kamu harus tetap menunjukkan kesan profesional.

3.2. Tidak berlebihan dalam mendesain CV

Mendesain CV agar tampilannya bagus dan menarik itu sangatlah penting, namun jangan sampai kamu terlalu heboh dalam membuat desain. Apalagi dengan menambahkan banyak elemen yang tidak penting sehingga informasi yang ada di CV menjadi tidak terlihat lagi.

3.3. Menggunakan font yang umum

Penggunaan font juga menjadi faktor yang penting. Pilihlah font yang mudah untuk dibaca dan umum dipakai. Hal ini agar tidak menyulitkan Recruiter dalam membaca informasi yang ada di CV kamu.

3.4. Memberikan data CV yang relevan

Semua data dan informasi yang kamu cantumkan di CV haruslah relevan dan sesuai dengan yang sebenarnya. Jangan sampai kamu memberikan data palsu agar bisa mendapatkan pekerjaan tersebut, karena hal ini akan merugikan kamu di kemudian hari.

3.5. Menggunakan alamat email formal

Biasanya alamat email menggunakan nama yang dibuat aneh-aneh. Dalam melamar pekerjaan hal itu harus dihindari. Usahakan untuk menggunakan alamat email dengan nama asli dan tidak asal-asalan. Hal tersebut karena untuk menunjukkan sikap profesionalitas.

3.6. Membuat CV dengan dua versi bahasa

Biasanya pembuatan CV dilakukan dengan bahasa Indonesia untuk perusahaan yang ada di dalam negeri. Tapi tidak jarang banyak perusahaan baik itu di dalam maupun di luar negeri yang menginginkan CV dalam bahasa Inggris, sehingga kamu harus menyiapkan keduanya.

3.7. Melampirkan cover letter

Ada baiknya ketika kamu hendak melamar pekerjaan dan membawa CV, sertakan juga cover letter. Hal ini diperuntukkan untuk menjaga etika dalam melamar suatu pekerjaan.

Itulah informasi terkait tips dan trik membuat CV yang menarik di Canva. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terima Kasih!

Bagikan

Tinggalkan komentar