Tiktok Hapus Akun di Bawah Umur, Tambah Durasi Video Pengguna

Jakarta, TechOPet —

Platform media sosial TikTok akan memperpanjang durasi video jadi 3 menit untuk semua pengguna dan menghapus hampir 7,3 juta akun yang diduga milik pengguna di bawah umur.

Fitur video dengan durasi 3 menit sudah diuji dengan sejumlah pembuat konten dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, Tiktok hanya bisa digunakan untuk membuat video sepanjang 1 menit. Pada awal meluncur platform ini malah hanya memperbolehkan video dengan durasi 15 detik.

Fitur video satu menit ini belakangan diikuti oleh sejumlah kompetitor seperti Snapchat hingga Youtube Shorts.



Menurut Tiktok penambahan durasi dilakukan berdasarkan umpan balik dari para pengguna. Untuk beberapa jenis konten, para kreator ingin lebih leluasa berekplorasi dengan durasi lebih panjang. Misal untuk mendemonstrasikan resep masak, tutorial kecantikan, konten edukasi, sketsa komik.

“Dengan video yang lebih panjang, kreator memiliki kanvas untuk membuat konten baru atau memperpanjang konten mereka di Tiktok,” jelas Product Manager Tiktok Drew Kirchoff seperti dikutip TechCrunch

Sementara itu, Tiktok juga menghapus sejumlah akun pengguna di bawah umur. Laporan itu disampaikan pada transparansi terbaruuntuk kuartal pertama di tahun ini. Pihaknya mengklaim jumlah 7,3 itu hanya menyumbang 1 persen dari total pengguna secara global.
Aplikasi yang sangat populer di kalangan penonton muda itu lantas menetapkan batas usia 13 tahun ke atas.

Laporan tersebut juga membeberkan bahwa lebih dari 61 juta video telah dihapus karena melanggar aturan aplikasi, lebih dari 1 juta iklan ditolak karena melanggar kebijakan dan pedoman, dan secara total lebih dari 11 juta akun dihapus karena persyaratan layanan.

“Agar memberikan visibilitas lebih terhadap tindakan yang kami ambil untuk melindungi anak di bawah umur, kami telah menambahkan jumlah akun yang dihapus karena berpotensi dimiliki oleh anak di bawah umur,” kata Cormac Keenan, kepala keamanan perusahaan.

TikTok menekankan akan mengambil berbagai langkah untuk melindungi kaum muda, termasuk membatasi fitur seperti pesan pribadi dan streaming minimal berusia 16 tahun ke atas.

Di sisi lain, Januari lalu pihaknya mengklaim bahwa akun mereka yang berusia di bawah 16 tahun akan disembunyikan secara otomatis, menurut laporan Bolnews

(can/eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar