Tes Swab Antigen Murah Marak Dijual Online Mulai Rp40 Ribu

Jakarta, TechOPet —

Alat tes swab antigen Covid-19 marak dijual eceran di internet mulai dari harga Rp40 ribuan.

Beberapa pengguna bisa langsung membeli di beberapa ecommerce seperti Shopee dan Tokopedia. Sebagian besar alat tes antigen murah itu bermerek Lungene IND.

Salah satu penjual di Tokopedia menulis metode swab dengan alat antigen yang dijualnya bisa dilakukan secara mandiri.



Cegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan Rapid test Antigen. Rapid Antigen, Skrining covid dengan metode swab yang dilakukan secara mandiri,” seperti tertulis di laman penjual.

Alat tes swab antigen murah dijual online di ecommerceAlat tes swab antigen murah dijual online di ecommerce (dok. tangkapan layar Tokopedia)

Lebih lanjut, penjual menulis alat tes cepat antigen yang ia jual merupakan produksi Hangzhou Clongene Biotect.co Ltd China. Hal ini juga tercantum dalam kemasan ala tes yang ada dalam foto.

Disebutkan juga dalam keterangan, produk ini sudah terdaftar dan memiliki No Izin edar kemenkes RI AKL 20303028055.

Namun saat berita ditulis, penelusuran ke situs izin alat medis Kemenkes https://regalkes.kemkes.go.id/ tak dapat dilakukan karena situs tak bisa diakses.

Berdasarkan salah satu salinan surat izin edar Kemenkes terhadap alat tes antigen ini, alat yang didaftarkan oleh PT. Taishan Alkes Indonesia ini mendapat izin darurat di masa pandemi Covid-19.

Alat tes swab antigen murah dijual online di ecommerceAlat tes swab antigen murah dijual online di ecommerce (dok. tangkapan layar Shopee)

Selain itu, alat tes antigen ini juga dijual oleh salah satu pedagang di Shopee seharga Rp41 ribu dan sudah terjual 49 buah dan masih tersisa ribuan alat tes. 

TechOPet.com sudah menghubungi pihak Tokopedia dan Shopee terkait masalah ini. 

Dalam keterangan, tidak disertakan keterangan apapun terkait produk ini.

Produk serupa juga ditemukan di salah satu toko online Depo Global dengan harga satu boks berisi 25 alat dengan harga yang lebih murah Rp850 ribu. Berarti harga satuan produk hanya Rp34 ribu.

Alat rapid tes swab antigen dijual murah di ecommerceFoto: (dok. tangkapan layar ecommerce)
Alat rapid tes swab antigen dijual murah di ecommerce

Ada pula toko yang menjual dengan harga Rp980 ribu di Tokopediayang berarti harga satuan mencapai Rp39.200.

Alat rapid tes swab antigen dijual murah di ecommerceFoto: (dok. tangkapan layar ecommerce)
Alat rapid tes swab antigen dijual murah di ecommerce

Namun, dalam keterangan mereka mengklaim hanya menjual alat ini kepada Klinik, Rumah Sakit, Health Care, Toko Obat, PBF dan Apotek.


Bahaya Tes Antigen Mandiri

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Bagikan

Tinggalkan komentar