Terungkap! Virus Corona Kuno Pernah Melanda Asia Timur 25 Ribu Tahun Lalu

techopet.com – Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa virus Corona kuno mungkin telah menginfeksi orang-orang zaman dulu, yang hidup di Asia Timur sekitar 25.000 tahun lalu dan selama ribuan tahun setelahnya.

Pandemi Covid-19 yang kini merenggut lebih dari tiga juta jiwa, mengungkapkan betapa rentannya manusia terhadap virus baru. Meskipun ancaman ini terdengar baru, tetapi manusia telah memerangi virus berbahaya sejak dulu.

“Selalu ada virus yang menginfeksi populasi manusia. Virus benar-benar salah satu pendorong utama seleksi alam dalam genom manusia,” kata David Enard, asisten profesor ekologi dan evolusi di University of Arizona.

Itu disebabkan karena gen yang meningkatkan peluang manusia untuk bertahan hidup dari patogen, lebih mungkin diwariskan ke generasi baru.

Para peneliti dapat mendeteksi sidik jari patogen purba ini dengan menggunakan alat modern dalam DNA manusia yang hidup saat ini.

Menurut Enard, informasi ini dapat memberikan wawasan berharga untuk membantu memprediksi pandemi di masa depan.

Ilustrasi Pandemi. (Pexels)
Ilustrasi Pandemi. (Pexels)

“Hal-hal yang sering terjadi di masa lalu lebih mungkin terjadi lagi di masa mendatang,” tambah Enard, dikutip dari Live Science, Rabu (28/4/2021).

Menggunakan informasi yang tersedia di database publik, Enard dan timnya menganalisis genom 2.504 orang di 26 populasi manusia yang berbeda di seluruh dunia.

Ketika virus Corona menyelinap ke dalam sel manusia, virus membajak mesin sel untuk bereplikasi. Artinya, keberhasilan virus bergantung pada interaksinya dengan ratusan protein manusia berbeda.

Para peneliti menyeleksi sekumpulan 420 protein manusia yang diketahui berinteraksi dengan virus Corona, di mana 332 di antaranya berinteraksi dengan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar