Telkomsel Sudah Rilis, Smartfren Masih Siapkan Peluncuran 5G

Jakarta, TechOPet —

Operator Seluler Smartfren Telecom dilaporkan tengah menyiapkan layanan jaringan ke lima 5G, baik teknikal maupun komersial, Rabu (9/6). Hal itu diungkap usai komitmen kolaborasi dengan perangkat 5G realme.

“Untuk 5G, seperti yg saya bilang kemarin kita masih dalam persiapan baik secara teknical maupun komersial,” ujar Deputy CEO Mobility, PT Smartfren Telecom Sukaca Purwokardjono, lewat pesan teks, Rabu (9/6).

Disinggung rencana Smartfren mengajukan Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G ke Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sukaca enggan berkomentar kapan rencana itu akan diajukan.



“Masih belum bisa kita disclose,” katanya.

Sebelumnya Smartfren dan realme dilaporkan tengah menjalin kerja sama untuk mendorong ekoisistem 5G di Indonesia. Keduanya dilaporkan telah melakukan kolaborasi jangka panjang dan mendalam dengan perangkant 5G realme yang akan datang.

“Smartfren akan bekerja sama dengan realme guna melakukan pengujian terhadap setiap produk 5G realme yang akan datang,” ujar Sukaca lewat keterangan tertulis, Selasa (8/6).

Lebih lanjut ia menuturkan, kolaborasi itu untuk mewujudkan layanan 5G yang terjangkau bagi semua orang menggunakan perangkat realme. Ia juga berharap dapat memberikan dampak besar pada masyarakat dan industri di Indonesia.

Sebelumnya Telkomsel dan Smartfren dilaporkan menjadi pemenang dalam seleksi lelang frekuensi radio 2,3 Ghz yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Meski begitu, Smartfren hanya mendapatkan satu blok, yakni blok B dengan harga lelang sebesar Rp176,5. Sedangkan Telkomsel disebut mendapatkan dua blok, yakni A dan C, dengan harga perbloknya Rp176,9 miliar.

Lelang frekuensi itu diikuti oleh tiga opsel, yakni Smartfren, Telkomsel dan Xl Axiata. Ketiganya saling adu harga untuk tiga blok kosong frekuensi 2,3 GHz di rentang 2.360-2.390 MHz sejak Senin (19/4).

Kominfo mengatakan seleksi penggunaan pita frekuensi radio 2,3 GHz itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan bergerak seluler, meningkatkan kualitas layanan, serta mendorong akselerasi penggelaran TIK dengan layanan 5G.

Telkomsel sendiri sudah meluncurkan 5G di Jakarta dan Solo.

(can/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar