Telkomsel: Jaringan 5G Akan Jadi Game Changer bagi Indonesia

techopet.com – Wishnutama Kusubandio selaku Komisaris Utama Telkomsel mengatakan, jaringan 5G akan menjadi teknologi paling transformatif di era ini.

“Saya percaya, teknologi digital khususnya 5G, akan menjadi game changer bagi bangsa ini,” dikutip dari channel YouTube Telkomsel, Senin (17/5/2021).

Alasan kenapa 5G disebut game changer karena jaringan ini memiliki kemampuan lebih baik dari generasi sebelumnya, 4G.

Wishnutama menyebut bahwa 4G saat ini sudah membawa banyak perubahan untuk bidang industri di Indonesia, mulai dari hiburan, media sosial, hingga menumbuhkan unicorn dan decacorn.

“Dengan 4G, berbagai layanan online bisa kita nikmati dengan mudah. Mulai dari transportasi, pesan makanan, main game, belanja, pembayaran, kita juga bisa memantau gps secara real time, nonton film streaming, meeting dengan video conference, digital banking, dan lain-lain. Itu baru 4G,” jelasnya.

Sementara dengan 5G, dia memaparkan bahwa teknologi ini memiliki keunggulan lebih baik dari 4G.

Untuk konektivitas, 5G memiliki kecepatan hingga 20gbps atau 20 kali lebih tinggi dari 4G.

“Untuk download video berdurasi dua jam, dengan 5G kita cuma perlu beberapa detik,” katanya.

Kemudian waktu tempuh akses layanan data memiliki latensi lebih rendah (low latency) sebesar 1ms, 10 kali lebih rendah dari 4G.

Jaringan ini juga mampu menampung sekitar 1 juta perangkat dalam radius 1 km persegi atau 10 kali lipat lebih banyak dari 4G.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar