Telkom Gaet BAKTI Kominfo Kembangkan Jaringan Pariwisata Hub

Jakarta, TechOPet —

Sebagai wujud dukungan guna mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI berkolaborasi dalam mengembangkan Jaringan Pariwisata (JP) Hub. Adapun penunjang utama JP Hub adalah Wonderin.id yang merupakan platform digital untuk travel dan tourism Indonesia yang dikembangkan Telkom.

Tujuan dari kerja sama ini untuk mewujudkan digitalisasi industri pariwisata di lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Indonesia. Ruang lingkup kerja sama meliputi pelatihan dan pendampingan pelaku pariwisata dalam digitalisasi sektor akomodasi, tempat wisata, dan paket wisata.

Program ini dimulai dari lokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Premium yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.



Nantinya 10 kabupaten menjadi target pelaksanaan digitalisasi (onboarding), yakni Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Ngada, Kabupaten Nageko, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Alor.

Direktur BAKTI, Anang Latief, menyampaikan, selain melakukan pemerataan infrastruktur terutama di daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil, serta daerah yang masih belum memiliki akses telekomunikasi, pihaknya juga melakukan pengembangan ekosistem digital.

“Salah satunya kerja sama dengan Telkom yang tidak hanya terbatas menyediakan koneksi telekomunikasi, namun juga memberikan nilai nambah dalam bentuk kemampuan digital untuk menunjang ekonomi masyarakat khususnya terkait pariwisata,” ujarnya.

TelkomTujuan kerja sama Telkom dan BAKTI Kemenkominfo ini untuk mewujudkan digitalisasi industri pariwisata di lima destinasi pariwisata super prioritas. (Dok. Telkom).

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, mengatakan, Telkom terus berinisiatif untuk mengambil peran terdepan dalam memastikan adopsi pemanfaatan teknologi berbasis digital guna mendorong pemulihan perekonomian, termasuk industri pariwisata.

“Melalui Wonderin.id kami akan senantiasa mendorong upaya kolaboratif bersama seluruh pemangku kepentingan guna mencapai proses digitalisasi pariwisata yang lebih baik ke depannya,” ucapnya.

Reza menambahkan, pelatihan ini diharapkan menjadi kegiatan interaktif yang mampu memfasilitasi para pemilik usaha, terutama untuk mengembangkan potensi bisnisnya berbekal transformasi digital yang diterapkan secara holistis. Diharapkan pula layanan ini akan mempermudah proses pengelolaan hingga penjualan sehingga berbagai pengelolaan bisnis wisata dapat terus bergerak maju mengikuti perkembangan terkini.

“Kami meyakini dengan adanya digitalisasi akan menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” ujarnya.

Wonderin.id merupakan platform digital pariwisata Indonesia besutan Telkom yang menjadi solusi teknologi yang mendorong pengembangan ekosistem pariwisata. Platform ini menghadirkan layanan unggulan yang mencakup XGDS (Global Distribution System) untuk membangun jembatan, serta jaringan yang kuat dengan mitra pariwisata dalam memasarkan produk dan layanan, menyederhanakan akses distribusi serta informasi dan analisis bisnis perjalanan untuk meningkatkan pengalaman transaksi bagi para mitra.

Setelah bekerja sama dengan berbagai pihak baik BUMN dan pelaku pariwisata, Wonderin.id terus memperkuat perannya dalam mendampingi para pelaku UMKM untuk menjadi penggerak utama pertumbuhan perekonomian pariwisata nasional serta kemajuan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

(osc)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar