Sejarah Drive Thru, Cara Cepat Pesan Makanan Seperti BTS Meal

Jakarta, TechOPet —

Sebelum jadi hal biasa seperti sekarang, drive thru adalah inovasi keren dalam dunia bisnis yang beradaptasi dari perkembangan otomotif dan akselerasi layanan makanan cepat saji. Drive thru kini digunakan banyak restoran, termasuk McDonald’s yang memilih cara ini sebagai salah satu cara memesan BTS Meal.

Drive thru atau nama sebenarnya drive through adalah tipe layanan yang membuat konsumen dapat memesan produk tanpa perlu turun dari mobil. Sebelum drive thru ada konsep lain yakni drive-in, yakni konsumen dilayani saat parkir dan makan di mobil, namun kurang digemari hingga beralih menjadi drive thru.

McDonald’s sangat dikenal dengan konsep drive thru, namun mereka bukan yang pertama menerapkannya. Format drive thru untuk pembelian produk pertama kali ditemukan di Amerika Serikat oleh seseorang bernama Jordan Martin pada 1930.



Menurut Lovefood.com, pada 1940-an penduduk AS mulai sangat menggemari mobil. Setelah perang dunia kedua berakhir kepemilikan mobil meningkat dan drive thru semakin populer.

Pada dekade itu drive thru banyak diaplikasikan pada layanan bank, toko sembako, toko minuman, dan lainnya.

Pada 1947 restoran bernama Red’s Giant Hamburg dibuka dan dipercaya sebagai restoran pertama yang menerapkan drive thru. Sedangkan McDonald’s pada 1940an belum menawarkan drive thru, melainkan layanan cepat bernama Speedee Service System.

Gerai McDonald's di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya ditutup sementara oleh kepolisian setempat. Hal itu merupakan imbas dari antrian pembeli yang berkerumun dan tidak sesuai protokol kesehatan Covid-19.Gerai McDonald’s di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya ditutup sementara oleh kepolisian setempat. Hal itu merupakan imbas dari antrian pembeli yang berkerumun dan tidak sesuai protokol kesehatan Covid-19. (TechOPet/Farid)

Restoran pertama McDonald’s dengan drive thru muncul di Sierra Vista, selatan Arizona, pada 1975 bersamaan dengan Burger King, ini hampir tiga dekade setelah Red’s Giant Hamburg.

Seiring penyebaran McDonald’s di berbagai negara, drive thru semakin populer di dunia. Desain drive thru bisa berbeda-beda tiap restoran dan tiap lokasi, namun setidaknya format ini punya mikrofon dan pengeras suara, jalur lintas kendaraan, papan menu, dan jendela karyawan untuk melayani konsumen.

Format drive thru sekarang bukan cuma digunakan untuk layanan cepat saji. Semasa pandemi Covid-19 drive thru menjadi solusi umum untuk penerapan tes infeksi yang dimulai dari Korea Selatan.

Selain itu drive thru juga pernah diterapkan untuk mengunjungi lokasi wisata seperti kebun binatang hingga acara wisuda dan pernikahan.

(fea)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar