Sejarah dan Perkembangan WhatsApp dari Masa ke Masa

Jakarta, TechOPet —

Aplikasi telekomunikasi paling populer WhatsApp telah berjalan lebih dari 10 tahun. Aplikasi ini begitu digemari masyarakat dunia lantaran kemudahan dan kenyamanan penggunaannya.

Ditambah lagi tidak mengandung iklan, permainan, dan gimik lainnya yang konsisten sejak awal diluncurkan hingga saat ini.

Hadirnya WhatsApp secara perlahan menggeser dominasi presedennya, yakni layanan pesan singkat (SMS) dan pesan instan Blackberry Messenger dan Yahoo Messenger. Menilik sejarah dan perkembangan WhatsApp cukup unik.



Aplikasi WhatsApp tidak dikembangkan oleh para mahasiswa yang drop out dari kampus dan mencari pendanaan ke raksasa teknologi seperti Facebook dan Google.

WhatsApp dibuat oleh dua orang karyawan yang bekerja di perusahaan teknologi ternama.

Sejarah Lahirnya WhatsApp

Co-founder and CEO of Whatsapp Jan Koum holds a conference during the 2014 Mobile World Congress in Barcelona on February 24, 2014 The Mobile World Congress runs from the 24 to 27 February where participants and visitors alike can attend conferences, network, discover cutting-edge products and technologies at among the 1,700 exhibitors as well as seek industry opportunities and make deals. AFP PHOTO/LLUIS GENE (Photo by Lluis GENE / AFP)Sejarah kemunculan WhatsApp yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton pada 2009. (Co-founder dan CEO Whatsapp Jan Koum pada 2014, Foto: AFP/LLUIS GENE)

WhatsApp dikonsepkan dan didirikan oleh dua orang yakni Jan Koum dan Brian Acton pada 2009. Keduanya tercatat pernah bekerja di perusahaan teknologi raksasa Yahoo selama 20 tahun.

Keinginan menciptakan sebuah aplikasi telekomunikasi muncul setelah Jan Koum menyadari potensi besar dari industri aplikasi App Store yang kala itu baru berumur beberapa bulan.

Konsep awal Jan Koum sederhana. Awalnya ia ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat menunjukkan status di sebelah nama individu pengguna, melansir Feedough.

Koum kemudian mendiskusikan ide tersebut dengan Brian Acton. Guna mendapatkan wawasan dan ide lebih banyak, keduanya kemudian bertemu dengan Alex Fishman.

Mereka sadar bahwa sulit menciptakan ide tersebut tanpa bantuan pengembang IOS. Fishman lalu mengenalkan Koum dengan pengambang IOS asal Rusia, Igor Solomennikov.

Pada awal pengembangannya WhatsApp banyak mengalami kendala dan hampir membuat Koum putus asa. Demo WhatsApp yang dibuat Koum bahkan mendapat tanggapan kurang baik dari beberapa teman Koum termasuk Fisherman.

WhatsApp banyak memiliki kekurangan kala itu, seperti menghabiskan daya baterai, aplikasi macet, dan sebagainya. Dukungan Brian Acton membuat Koum kembali mengembangkan WhatsApp.

Kerja kerasnya tak sia-sia. Pada 24 Februari 2009 Koum berhasil mengembangkan WhatsApp untuk aplikasi iOS dengan menggunakan nama WhatsApp Inc.

Koum menamakan WhatsApp agar selaras dengan gagasan status miliknya.

Perkembangan WhatsApp dari Masa ke Masa

Ilustrasi WhatsAppSejarah dan Perkembangan WhatsApp dari Masa ke Masa (Ilustrasi Foto: istockphoto/ gilaxia)

Juni 2009

Ide notifikasi pesan WhatsApp terilhami konsep notifikasi yang diluncurkan Apple saat itu. Koum memanfaatkan momentum itu dengan melakukan pembaruan dan perubahan konsep notifikasi WhatsApp.

Merujuk Popular Timelines, Jan Koum juga menambahkan ide notifikasi status menjadi aplikasi percakapan pesan berbasis internet. Ide tersebut yang memunculkan WhatsApp versi 2.0.

Agustus 2009

Jan Koum meluncurkan WhatsApp versi 2.0 dalam bentuk beta.

Peluncuran ini disambut antusias banyak orang karena cukup hanya dengan nomor telepon dan internet dapat mengirim pesan ke pengguna lain ketimbang menggunakan SMS yang memakan biaya.

Saat itu versi 2.0 hanya terbatas mengirim teks dan belum dapat mengirim file media.

Oktober 2009

Melihat suksesnya WhatsApp versi 2.0 membuat Brian Acton bergerak cepat mencari investor. Acton mengajak lima orang teman mantan pegawai Yahoo untuk menginvestasikan US$250 ribu dolar untuk pendanaan awal pengembangan WhatsApp.

November 2009

Pada 1 November 2009 secara resmi Brian Acton bergabung ke WhatsApp dan menjadi salah satu pendiri WhatsApp bersama Jan Koum. Di bulan yang sama tahap beta WhatsApp berakhir dan resmi diluncurkan eksklusif di App Store.

WhatsApp langsung diminati karena dianggap lebih cepat dalam mengirim pesan, dan gratis dalam mengirim pesan baik lokal maupun internasional.

Desember 2009

WhatsApp perdana merilis fitur mengirim file berupa foto untuk pengguna iPhone.

April 2011

Awal tahun 2011 WhatsApp masuk dalam 20 besar aplikasi top di App Store Amerika. Di Bulan ini juga, WhatsApp mendapat investasi miliaran dolar pertamanya dari Sequoia Capital.

Februari 2013

Pengguna WhatsApp mencapai 200 juta lebih dan memiliki staf sebanyak 50 orang.

Di bulan ini juga Sequoia kembali berinvestasi dengan jumlah lebih besar yakni USD$50 juta dolar. Investasi tersebut membuat WhatsApp Inc bernilai US$1,5 miliar dolar kala itu.

Februari 2014

Facebook mengumumkan akan mengakuisisi WhatsApp dengan nilai US$19 miliar. Nilai tersebut menjadi pembelian terbesar dalam sejarah terkait nilai akuisisi sebuah produk.

Dalam akuisisi ini Koum dan Acton selaku pendiri WhatsApp mendapat US$12 miliar dolar berupa saham Facebook dan US$4 miliar dolar dalam bentuk tunai.

Agustus 2014

Pengguna WhatsApp mencapai 600 juta pengguna yang menjadikan WhatsApp aplikasi pertukaran pesan yang paling banyak digunakan.

November 2014

Sistem enkripsi end-to-end diluncurkan. WhatsApp bekerja sama dengan Open Whisper Systems.

Januari 2015

WhatsApp meluncurkan WhatsApp web yang dapat digunakan di browser dengan menyinkronkan aplikasi melalui QR Code.

Februari 2015

Fitur telepon atau panggilan suara diperkenalkan ke publik dan langsung disambut baik para penggunanya.

November 2016

Fitur panggilan video diperkenalkan ke publik untuk sistem operasi Windows, iPhone, dan Android.

Pada bulan ini juga, fitur verifikasi dua langkah versi beta diluncurkan untuk pengguna Android namun ditarik kembali oleh Facebook karena terganjal isu pengumpulan data.

Februari 2017

WhatsApp meluncurkan perkembangan fitur Status yang mengikuti konsep status video Snapchat dan Facebook.

September 2017

Brian Acton salah satu pendiri WhatsApp mengundurkan diri dari WhatsApp dan memulai projek barunya Signal Foundation.

November 2017

Fitur Menghapus pesan diluncurkan ke public. Fitur ini memungkinkan pengguna menghapus pesan yang dikirim dalam waktu 7 menit setelah pesan terkirim.

Januari 2018

WhatsApp meluncurkan aplikasi WhatsApp Bisnis.

April 2018

Mengikuti jejak Action, CEO dan pendiri WhatsApp Jan Koum meninggalkan WhatsApp. Posisinya digantikan oleh Chris Daniels.

September 2018

WhatsApp memperkenalkan fitur panggilan video dan audio untuk grup.

(imb/fef)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar