Satgas: Hasil WGS WNA India Belum Rampung |TechOPet Online

WGS diterapkan untuk melihat varian virus corona yang dibawa oleh ke-12 WNA India

TechOPet.com, JAKARTA — Sampai Selasa (27/4) pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terhadap spesimen 12 WNA asal India yang terkonfirmasi positif Covid-19 belum usai. Prosedur WGS diterapkan untuk melihat varian virus corona yang dibawa oleh ke-12 WNA asal India tersebut. Langkah ini untuk mencegah imported case, khususnya terhadap varian B1617 yang membuat lonjakan kasus Covid-19 di India saat ini.

“Sampai saat ini hasil WGS yang dilakukan kepada 12 WNA dari India belum selesai. Akan segera kami informasikan jika hasilnya sudah keluar,” jawab Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito singkat, Selasa (27/4).

Sebelumnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap ada 12 WNA India yang positif Covid-19 di antara total 127 yang masuk Indonesia. Sebanyak 12 kasus tersebut sudah diambil sampel untuk whole genome sequencing untuk diketahui varian Corona-nya.

“Dari 127 WNA yang sudah dilakukan tes semua, sampai saat ini ada 12 penumpang yang sudah positif, dan dari 12 penumpang itu kita lakukan genome sequencing cuma hasilnya belum keluar untuk genome sequencingnya,” kata Budi, dalam konpers di YouTube Perekonomian, Jumat (23/4).

Bagikan

Tinggalkan komentar