R6 Kandas, Yamaha Umumkan R7

Jakarta, TechOPet —

Yamaha kini sedang menyiapkan kejutan baru berupa versi full fairing dari motor jalanan MT07. Yamaha menjulukinya YZF-R7 dan akan segera memulai debutnya.

Meski peluncuran belum resmi dilakukan, namun faktanya wujud motor ini sudah bocor pada jejaring internet.

Pada foto yang beredar tampak sebuah motor berjenis sport fairing berwarna biru sedang dipajang pada area yang diyakini sebagai sirkuit. Pada foto itu juga tertulis The All New R7.



Sedangkan satu gambar lainnya memperlihatkan bila R7 sedang dikendarai di jalan raya. Nampaknya motor pada gambar itu merupakan bentuk final R7 yang siap masuk produksi masal.

Gambar-gambar ini pertama kali bocor pada situs web Belanda Nieuwsmotor.nl. Tapi ada kemungkinan foto ini bocor dari situs web Yamaha Amerika Utara.

Dari foto yang beredar bisa terlihat bila YZF-R7 akan menggunakan suspensi depan berjenis upside down. Kemudian rangka terlihat lebih kekar dan berisi, sementara dudukan mesin depan dan lengan ayun sama seperti yang digunakan pada MT-07 mengutip asphaltandrubber.

Berikutnya dari sisi desain, terutama fairing, tampak mengadopsi styling R6. Pada fairing terdapat juga lubang, tapi belum diketahui apakah itu memang berfungsi sebagai celah aliran udara terhadap mesin atau hanya sebatas desain.

Cakram dan roda sepertinya berasal dari MT-07, begitu juga knalpotnya. Lalu dari sisi mesin, ada kemungkinan menggunakan 689 cc dengan gearbox 6 kecepatan, atau sama seperti yang digunakan pada MT07.

Team BHP menyebutkan motor ini bakal menyasar kelas menengah dan menjadi pengganti R6 yang produksinya dihentikan mulai tahun ini.

Yamaha menyebut motor ini kemungkinan akan dirilis 18 Mei 2021. Belum diketahui apakah Indonesia juga akan kebagian jatah dari motor ini usai diluncurkan secara global. Sejauh ini Yamaha Indonesia hanya memasarkan R7 dalam bentuk naked, yaitu MT-07.

(ryh/mik)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar