Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor iPhone Anda Wajib Paham

Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor iPhone Anda Wajib Paham

Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor iPhone Anda Wajib Paham

Garansi sebagai jaminan perlindungan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan ketika Anda membeli iPhone baru. Dua jenis garansi yang paling banyak ditemukan di pasaran adalah garansi resmi dan distributor. Lantas apa perbedaan garansi resmi dan distributor iPhone?

Meskipun sudah banyak pembahasan mengenai hal ini, nyatanya masih banyak yang belum memahami perbedaan kedua jenis garansi tersebut. Tidak jarang pelanggan melakukan kesalahan saat mengajukan klaim. Simak tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini untuk ulasan lebih lengkap.

1. Apa itu Garansi Resmi?

Garansi resmi adalah jenis garansi yang secara resmi dikeluarkan oleh perusahaan Apple. Biasanya jenis garansi ini bisa Anda peroleh ketika membeli perangkat iPhone di authorized reseller atau gerai resmi Apple.

Meskipun reseller premium atau authorized reseller yang tersebar di seluruh Indonesia juga merupakan distributor, tetapi gerai tersebut telah mendapatkan izin resmi dari Apple untuk menjual produk iPhone. Tentu saja izin tersebut juga meliputi klaim garansi iPhone resmi.

2. Apa itu Garansi Distributor?

Distributor yang dimaksud di sini adalah distributor yang tidak mempunyai kewenangan resmi untuk memasarkan iPhone. Lain halnya dengan garansi resmi, garansi distributor hanya diberikan oleh distributor sehingga pelanggan tidak mempunyai hak klaim di gerai resmi Apple.

iPhone dengan garansi distributor biasa ditemukan di berbagai gerai selain authorized reseller. Biasanya gerai tersebut menawarkan perangkat iPhone dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang tersedia di premium reseller.

Garansi platinum iPhone adalah salah satu contoh garansi distributor tidak resmi yang cukup banyak ditemukan di Indonesia. Dengan garansi ini, berbagai kerusakan yang terjadi pada iPhone hanya ditangani oleh service center distributor.

3. Empat Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor

Jika selama ini Anda belum mengetahui perbedaan antara garansi resmi dan distributor, kini saatnya untuk menambah pemahaman mengenai hal tersebut. Jadi, Anda bisa menentukan pilihan yang tepat ketika akan membeli iPhone.

Inilah 4 perbedaan penting yang garansi resmi dan distributor yang harus Anda ketahui:

3.1. Klaim Garansi

Kemudahan klaim merupakan salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh iPhone bergaransi resmi. Ketika iPhone mengalami kerusakan, yang perlu dilakukan adalah mengunjungi premium reseller, authorized reseller, atau service center terdekat.

Selain mudah dijangkau, service center resmi Apple juga didukung oleh teknisi handal dan berpengalaman. Teknisi yang bertugas akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelanggan.

Lain halnya dengan garansi distributor, proses klaim mungkin cukup beragam karena mengikuti kebijakan masing-masing perusahaan. Selain itu, teknisi yang bekerja di pusat servis tersebut juga belum tentu handal.

Terlebih lagi, tidak jarang pusat servis yang dimiliki oleh distributor menangani berbagai merek ponsel dalam satu tempat. Wajar jika pelayanan yang diberikan menjadi kurang maksimal.

3.2. Skop Garansi

Perbedaan garansi resmi dan distributor iPhone juga terletak pada skop atau cakupan garansi. Demi memenuhi standar perusahaan Apple yang tinggi dan ketat, tidak heran jika garansi resmi memberikan perlindungan yang lebih luas dan menyeluruh.

Dengan garansi resmi, Anda tidak hanya bisa mendapatkan perbaikan komponen tetapi juga penggantian unit secara utuh apabila ditemukan cacat produksi. Tidak heran jika garansi resmi iPhone diketahui sebagai garansi ponsel terbaik.

Berbeda dengan garansi distributor, skop perlindungan cukup bervariasi karena mengikuti kebijakan distributor. Semakin bonafit distributor tersebut, maka cakupan perlindungan yang ditawarkan juga semakin banyak meskipun tidak sebanyak garansi resmi.

3.3. Lama Masa Perlindungan

Masa garansi juga menjadi faktor penting untuk diperhatikan. Semakin lama masa perlindungan yang diberikan, maka semakin baik. Apple biasanya memberikan 1 tahun perlindungan sejak pembelian pertama. Selama masa tersebut, Anda bisa mendapatkan perbaikan atau penggantian secara gratis.

Sementara itu, garansi distributor biasanya menetapkan masa garansi yang tidak terlalu lama. Hanya sedikit distributor yang memberikan garansi hingga 1 tahun. Kebanyakan Anda akan mendapatkan jaminan perlindungan selama 3 hingga 6 bulan saja.

Semakin besar distributor, biasanya waktu yang diberikan juga semakin lama meskipun tidak melebihi 1 tahun. Selama masa tersebut, Anda berhak memperoleh jaminan sesuai kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan.

3.4. Harga iPhone

Jenis garansi berdampak pada harga iPhone. Ketika Anda membandingkan harga iPhone di premium reseller atau authorized reseller dengan toko lainnya, Anda pasti menemukan bahwa harga ponsel di gerai resmi lebih mahal dibandingkan di toko lain.

Meskipun menawarkan harga lebih mahal, produk iPhone yang tersedia telah terjamin keasliannya. Anda juga akan mendapatkan berbagai fasilitas termasuk klaim garansi di service center resmi apabila perangkat mengalami kerusakan.

Sayangnya kemudahan ini tidak bisa Anda rasakan ketika membeli iPhone dengan iming-iming harga miring. Meskipun dijual dengan harga lebih murah, Anda tidak berhak med

Dengan mengetahui perbedaan garansi resmi dan distributor iPhone, kini Anda bisa menentukan pilihan. Untuk mendapatkan seluruh fasilitas yang tersedia, tidak ada salahnya jika Anda memilih iPhone bergaransi resmi. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar