Pengamat: Kementerian BUMN Sangat Berkontribusi Lawan Covid |TechOPet Online

Menteri BUMN Erick Thohir dipuji mampu tingkatkan kinerja bisnis dan nonbisnis BUMN.

TechOPet.com, JAKARTA — Pengamat komunikasi korporasi Fatimah Ibtisam menilai kinerja Kementerian BUMN menjadi sangat berkontribusi dalam fase kebangkitan pascapandemi Covid-19. Menurutnya, BUMN mampu menunjukkan tingkat resiliensi yang baik.

“Saat krisis di tengah pandemi kemampuan organisasi untuk tanggap dan bertahan di tengah krisis itu adalah kunci. BUMN menunjukkan hal itu,” kata pengamat lulusan Pascasarjana Komunikasi Universitas Indonesia itu memuji.

Jadi, menurut dia, sekalipun terdampak tapi tetap mampu beroperasi. “Demi kelangsungan bisnis maupun menjadi motor yang memberi manfaat bagi perekonomian rakyat,” kata dia.

Baca Juga: Luhut Puji Kepiawaian Erick Thohir dalam Hal Ini

Pujian juga datang dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan atas kinerja Menteri BUMN Erick Thohir. Luhut mengapresiasi kinerja Kementerian BUMN di bawah pimpinan Erick yang mampu meningkatkan kinerja bisnis maupun nonbisnis BUMN.

“Pada era kepemimpinan Pak Erick Thohir, tuntunan dijawab dengan mempertajam lini bisnis dari masing-masing BUMN,” ujar Menko Luhut lewat sambutannya dalam acara IFG Progress 2021, Rabu (28/4).

Dari sisi bisnis, sangat teras perbaikan dari sisi fokus bisnis dan tata kelola perusahaan. Semangat perbaikan terasa dari level tertinggi dan terendah di BUMN. “Sejauh pengamatan saya, program besar Kementerian BUMN dalam setahun terakhir menunjukkan kinerja yang positif,” katanya.

Baca Juga: Luhut: BUMN Berperan Besar Bagi Perekonomiam Nasional

Tak hanya sisi bisnis, dari sisi nonbisnis peran BUMN dinilai sangat signifikan dalam membantu UKM serta dalam proses bangkit dari pandemi Covid-19. Menurut Luhut, peran BUMN sangat membantu pemerintah dalam program vaksin untuk seluruh masyarakat. “Dalam kondisi pandemi, BUMN juga turut berperan aktif dalam menangani penyebaran virus dengan membantu pemerintah memberikan vaksin dan peralatan medis kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” ujar Luhut.

Peran sentral Kementerian BUMN juga terasa dalam membantu masyarakat, umumnya UMKM untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan dari bank Himbara maupun BUMN lain seperti Askrindo dan Jamkrindo. “Saya juga mengapresiasi Kementerian BUMN karena berperan aktif membangun ekonomi melalui pemulihan ekonomi nasional di kala negara sedang pandemi Covid. Dengan memberikan penjaminan terhadap kredit UMKM dan pemberian penjaminan itu untuk memastikan UMKM tetap menjalankan usaha dalam kondisi Covid,” kata dia.

Bagikan

Tinggalkan komentar