Peneliti UFO Klaim Ditekan Pentagon AS dan Dicap Gila

Jakarta, TechOPet —

Seorang eks karyawan Pentagon Amerika Serikat (AS) yang dikenal karena sering berbicara tentang UFO, Luis Elizondo, mengaku mendapat tekanan dan dicap gila. Ia lantas mengajukan laporan kepada inspektur jenderal departemen pertahanan Pentagon terkait aktivitas jahat dan pelanggaran profesional.

Pria kontroversial yang sempat bekerja pada program Pentagon untuk menyelidiki fenomena udara tak dikenal pada 2008 ini mengajukan pengaduannya tersebut dalam laporan setebal 64 halaman.

Elizondo mengatakan seorang pejabat tingkat senior Pentagon mengancam untuk memberi tahu orang-orang bahwa dia gila dan berpotensi membahayakan izin keamanannya.

“Saya menjawab dengan mengatakan kepadanya bahwa dia dapat mengambil tindakan apa pun yang menurutnya perlu dilakukan dengan hati-hati, tetapi saya tidak cacat mental, saya juga tidak pernah melanggar sumpah keamanan saya,” tulis Elizondo, mengutip The Guardian Jumat (28/5).

Keluhan itu datang sebulan sebelum laporan tentang fenomena udara tak dikenal, atau UAP, diatur ke hadapan Kongres AS.

Sementara itu kantor inspektur jenderal AS tidak memberikan rincian tentang status pengaduan Elizondo, meski tim kuasa hukumnya mengatakan ia akan bertemu dengan penyidik pada Juni.



Selain itu Elizondo juga menuduh pers departemen pertahanan mencoba mendiskreditkannya melalui komentar yang menyesatkan. Akibatnya, para blogger mulai menyebarluaskan reportase, menuduh Elizondo sebagai ‘fabrikator’.

Sejak pensiun dari Pentagon, Elizondo telah meminta lebih banyak perhatian pemerintah AS dan sumber daya agar dapat melakukan penelitian terhadap UFO.

Elizondo pensiun dari Pentagon pada tahun 2017 dan membuat serangkaian pengungkapan tentang program rahasia Pentagon.

“Saya menjadi khawatir dengan frekuensi dan durasi aktivitas UAP di dalam dan sekitar wilayah udara AS yang dikendalikan. Kejadiannya tampak lebih provokatif, dan dalam satu waktu, mereka berada dalam jarak beberapa kaki dari pesawat tempur AS,” tulisnya dalam keluhan tersebut.

Daniel Sheehan, pengacara Elizondo, mengatakan pengaduan memiliki tujuan yang jauh lebih besar daripada hanya membersihkan nama kliennya. Dia mengatakan itu bisa menekan Pentagon agar menjernihkan kebingungan atas semua penampakan UFO, mengutip Independent.

Sebelumnya Departemen Pertahanan AS(DoD) mengumumkan pembentukan satuan tugas untuk menganalisis dan memahami sifat dan asal Fenomena Udara Tak Teridentifikasi (UAP) dan benda terbang tak dikenal (UFO).

Departemen Angkatan Laut, di bawah pengawasan Kantor Wakil Menteri Pertahanan untuk Intelijen dan Keamanan, akan memimpin Satuan Tugas UAP (UAPTF).

Pejabat Departemen Pertahanan mengatakan misi UAPTF adalah untuk mendeteksi, menganalisa, dan membuat katalog UAP yang berpotensi menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional AS.

(ryh/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar