Nokia N-Gage Kini Bisa Dihadirkan di Android

techopet.com – Sistem operasi Symbian menjadi salah satu OS populer pada akhir 1990 dan awal 2000-an. Salah satu produk yang dihadirkan adalah Nokia N-Gage, di mana ponsel ini memiliki desain mirip dengan konsol game.

Ponsel buatan Nokia ini menghadirkan layar di tengah dan tombol arah atau menu di sisi kirinya. Sedangkan tombol numerik ada di sisi kanannya. Kedua sisi tersebut bisa difungsikan sebagai tombol untuk bermain game.

Kini ponsel tersebut sudah tidak lagi diproduksi Nokia. Namun jika ada yang kangen, mereka bisa menghadirkan N-Gage ke perangkat Android miliknya.

Dikutip dari XDA Developers, Kamis (22/4/2021), N-Gage bisa dibawa ke Android dengan emulator bernama EKA2L1 yang meniru OS Symbian versi S60v1, S60v3, dan S60v5, atau versi ponselnya seperti Nokia 7650, Nokia N95, Nokia E50, dan Nokia 5800 XpressMusic.

Emulator ini juga menawarkan kompabilitas dengan beberapa game yang dibuat untuk N-Gage seperti Crash Bandicoot Nitro Kart 3D, The Sims 2 Pets, Tomb Raider: Legends, Worms War Party, Assassin’s Creed, Rayman 3, 7 Days Salvation, dan Lament Island.

Saat ini, emulator telah menawarkan versi Android dan bisa diunduh di laman Google Play Store. Menurut laporan, emulator bisa bekerja untuk perangkat Android 64-bit. Namun, ada juga dukungan eksperimental untuk versi 32-bit.

Logo Android. [Gabriel Bouys/AFP]
Logo Android. [Gabriel Bouys/AFP]

Jika digunakan dengan perangkat lunak yang kompatibel, EKA2L1 dapat menjalankan game pada frame rate lebih tinggi daripada perangkat Symbian asli.

Selain emulator, pengguna juga mesti memerlukan file game. Sebab, emulator tidak menyediakan ROM game dan harus mendapatkannya secara terpisah.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar