Netizen Kritik Konten Youtube Pemakaman Ayah Ria Ricis

Jakarta, TechOPet —

Konten Youtuber Ria Ricis mengundang kritik netizen usai sebuah konten pemakaman ayahnya diunggah ke Youtube.

Berdasarkan pantauan TechOPet.com, Senin (7/6) siang, unggahan konten di kanal Ricis Official yang berjudul ‘Rumah Baru Papa’ menjadi trending ke 3 di Indonesia. Konten itu sudah diputar lebih dari 4 juta kali, dan meninggalkan 25 ribu komentar di kolom postingannya.

Salah satu yang menjadi kritikan netizen ialah tampilan iklan yang disematkan selama video itu diputar. Menurut salah satu warganet yang telah menyaksikan konten itu, terdapat lebih dari 5 hingga adsanse yang tampil selama konten diputar, seperti kata @Ikandongo.



Menurut gue engga ada yang salah sama konten ria ricis. Yang salah adsense-nya knp ga dimatiin. Gw bukan yutuber tp pernah liat konten jess no limit yang waktu klarifikasi itu ads nya dimatiin bisa kok. 1-3 iklan its ok. Lah tadi gue hitung si kuning-kuningnya ada bejibun. Berapa ya, 5 atau 6 gitu,” ujar @Ikandongo, Senin (7/6).

Adsense adalah program kerja sama periklanan yang dikelola Google. Iklan ini akan disebar di berbagai layanan situs yang tergabung dalam jaringan Google, termasuk Youtube.

Di samping itu ada pula warganet yang berkomentar bahwa seolah Youtuber itu mewajarkan berita duka sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan. Seperti pada akun @dina_pus.

STOP normalisasi berita duka sebagai bahan AdSense. Sangat disayangkan ‘influencer besar’ seperti Ria Ricis dan Atta Halilitar seolah-olah mewajarkan berita duka sebagai alat mendapat keuntungan. Manusia bukan objek yang bisa kamu manfaatkan seenaknya!,” kritiknya.

Sebelumnya, Atta Halilintar juga sempat mendapat kritik lantaran dianggap mengomersialisasikan konten ketika calon anaknya meninggal ketika Aurel keguguran.

Di samping itu, ada pula netizen yang mengkritik Adsense yang disebut tidak masuk akal disematkan pada konten duka. Netizen itu juga kaget usai melihat konten meninggalnya ayah Ria Ricis menjadi trending topik.

Kaget kenapa Ria Ricis trending, pas dicek, wkwkwkwkwkwkwk adsensenya nggak make sense,” ujar akun @delilahgazali.

Meski begitu, ada pula warganet yang membela Ria Ricis. Ia mengatakan ada kemungkinan bahwa konten tersebut bukanlah keinginan dari Ria Ricis, namun bisa jadi merupakan inisiatif dari timnya.

Pada nyalahin Ria Ricis, siapa tau itu tim-nya aja yang inisiatip,” ujar @jokerkurus

Tidak hanya banjir kritik, beberapa warganet juga menuliskan komentar turut berduka di konten Youtubenya. Seperti pada akun Theresia M.E.

Semangat terus Kak Ricis, Jangan patah Semangat. Semoga beliau tenang di rumah yang baru. Doa kami terus mengalir untuk sang almarhum ayah cis,” ujarnya.

Semangat kak Ricis.. semoga almarhum ayah kak Ricis bisa mendapatkan tempat terbaik di sisi Yang Maha Kuasa,” ujar akun Novitasari SH.

(can/eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar