NASA Ungkap Tanggal Penerbangan Ingenuity di Mars

techopet.com – Penjelajah Mars terbaru milik NASA, Perseverance, yang mendarat di Planet Merah pada 18 Februari, membawa helikopter kecil yang disebut Ingenuity.

Kini NASA mengumumkan pada 23 Maret bahwa helikopter seberat 1,8 kilogram tersebut dapat melakukan penerbangan pertamanya paling cepat pada 8 April mendatang.

Sebagai misi eksperimental, melakukan lepas landas di Mars adalah salah satu dari lima tugas Ingenuity untuk mendemonstrasikan teknologi selama 31 hari di Planet Merah.

“Kami menantikan untuk melihat bagaimana helikopter kecil kami bekerja di permukaan Mars,” kata Lori Glaze, direktur Divisi Ilmu Planet NASA, dikutip dari Space.com, Kamis (25/3/2021).

Sebelum siap diluncurkan, Ingenuity saat ini masih melekat pada bagian perut Perseverance.

Mengeluarkan helikopter kecil ke permukaan tanah Mars adalah proses rumit yang setidaknya akan memakan waktu selama enam hari.

Helikopter NASA di Mars, Ingenuity. [NASA]
Helikopter NASA di Mars, Ingenuity. [NASA]

Pelepasan helikopter akan dimulai setelah Perseverance tiba di pusat lapangan terbang Ingenuity, sebuah lapangan datar dan bebas bahaya seluas 10 meter di sisi yang dekat dengan lokasi pendaratan penjelajah, Kawah Jezero.

Setelah mengeluarkan Ingenuity dari perutnya, Perseverance harus berkendara sekitar 5 meter dalam waktu 24 jam, memastikan bahwa helikopter bertenaga surya mendapat cukup sinar Matahari untuk mengisi ulang baterainya.

Kemudian, tim Ingenuity akan mulai menugaskan helikopter. Misalnya, menguji sistem rotor empat bilah helikopter dan memutarnya hingga 2.537 putaran per menit.

Jika semuanya berjalan lancar, Ingenuity akan bersiap untuk melakukan lepas landas.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar