Mobil Robot Pengantar Pizza Mulai Berkeliaran di AS

Jakarta, TechOPet —

Kendaraan kemudi otomatis tidak hanya dimanfaatkan untuk penumpang. Kali ini restoran pizza Dominos meluncurkan layanan pengiriman pizza menggunakan mobil robot kepada pelanggan terpilihnya di Houston, Amerika Serikat.

Robot yang digunakan merupakan kendaraan otonom buatan perusahaan robotik, Nuro yang berbasis di California, AS. Mobil ini merupakan kendaraan autonomous pertama yang mendapatkan izin operasi dari Departemen Transportasi AS pada tahun lalu.

Pelanggan di wilayah Woodland Heights, Houston dapat memilih pengiriman pizza menggunakan mobil otomatis dengan menerima PIN unik melalui teks bersama pembaruan di lokasi kendaraan.



Ketika mobil pengantar pizza tiba, pelanggan memasukkan PIN pada layar yang disematkan di mobil lalu pesanan akan tersedia pada pintu yang dibuka otomatis.

Ini bukan kali pertama Dominos menyediakan layanan pesan antar menggunakan kendaraan tanpa kemudi. Pada 2017 perusahaan itu menggunakan Ford Fusion untuk mengirimkan pizza ke pelanggan yang dipilih acak di Ann Arbor, Michigan, AS.

Pada tahun 2013 Dominos juga menguji pengiriman pizza menggunakan drone di Inggris. Meskipun eksperimen ini berguna untuk inovasi dan promosi merek, konsumen saat ini diharap tidak mengharapkan perubahan besar dalam pengiriman makanan.

“Masih banyak yang harus dipelajari perusahaan kami tentang pengiriman otonom,” ujar Dennis Maloney, wakil presiden senior dan kepala petugas inovasi Dominos.

“Program ini akan memungkinkan kami untuk lebih memahami bagaimana pelanggan menanggapi pengiriman, bagaimana mereka berinteraksi dengan robot dan bagaimana hal itu mempengaruhi operasi toko,” tambahnya.

Dikutip The Verge, kendaraan otonom itu bernama Nuro R2. Nuro sendiri sudah digunakan untuk pengiriman bahan makanan dan untuk pengiriman obat untuk toko Farmasi CVS di Houston.

Pada April lalu Nuro menggunakan kendaraannya untuk mengangkut persediaan medis di dua stadion California yang diubah menjadi fasilitas darurat untuk pasien Covid-19.

Domino’s bukanlah perusahaan yang pertama kali menguji coba memfasilitasi layanan pengiriman menggunakan robot. Dikutip TechOPet, pada tahun 2018 Pizza Hut mengumumkan mereka bekerja sama dengan Toyota untuk merilis kendaraan pengiriman pizza tanpa awak.

(can/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar