Microsoft Bing Hapus Foto Ikonis Tank Man dari Pencarian

Jakarta, TechOPet —

Microsoft Bing diduga telah memblokir foto Tank Man dari sistem pencarian pada Jumat (4/6), bertepatan dengan peringatan kejadian mematikan yang terjadi di Lapangan Tiananmen 4 Juni 1989.

Foto pemenang berbagai penghargaan itu tidak ditampilkan dalam pencarian gambar atau video menggunakan Bing. Bahkan hal ini terjadi di luar China, negara yang dikenal ketat mengontrol konten-konten di dunia maya. 

Microsoft sendiri membantah hal ini merupakan kebijakan perusahaan.



“Ini karena kesalahan manusia yang tidak disengaja dan kami secara aktif bekerja untuk menyelesaikan ini,” kata juru bicara Microsoft menanggapi penyelidikan AFP yang diminta oleh laporan pers AS.

Sementara itu, pencarian Tank Man menggunakan Google –mesin peramban yang menguasai 92 persen pasar global untuk pencarian online menurut Statcounter– menghasilkan bermacam-macam gambar, termasuk foto ikonik milik fotografer Charlie Cole.

Namun, Google tidak mendapatkan izin digunakan di China, negara yang memang telah menghapus Tank Man dari pencarian di internet. Masyarakat China sendiri lebih dominan menggunakan mesin pencari Baidu sehari-hari.

Foto Tank Man menunjukkan seorang pemrotes yang mengenakan kemeja putih menghalangi jalur barisan tank di Lapangan Tiananmen di Beijing pada tahun 1989.

Jumat (4/6) menandai hari peringatan hari ketika pasukan China menghancurkan protes demokrasi damai di Lapangan Tiananmen pada tanggal yang sama 32 tahun yang lalu.

Ratusan orang tewas dalam insiden berdarah tersebut dengan beberapa pihak memperkirakan jumlah kematian lebih dari 1.000 orang. Di daratan China, peringatan Tiananmen biasanya ditandai dengan peningkatan sensor online serta pengamanan ketat di alun-alun Beijing.

(TTF/vws)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar