Microsoft Bakal Luncurkan Windows 11 Malam Ini

Jakarta, TechOPet —

Microsoft dikabarkan akan merilis versi baru dari perangkat lunak Windows 11 pada Kamis (24/6).

Acara tersebut akan digelar pada 24 Juni mulai pukul 20.30 WIB. Namun, belum ada pengumuman resmi dari Microsoft. Pembaruan Windows 11 ini diperkirakan diberi kode nama Sun Valley.

Perbaruan itu datang enam tahun setelah perilisan Windows 10 pada 2015. CEO Microsoft Satya Nadella dan Chief Product Officer Panos Panay keduanya dilaporkan akan hadir di acara tersebut.



Bocoran awal menunjukkan tampilan Windows 11 akan mencakup skema warna pastel, sudut membulat dan suara peringatan yang besar.

Juga disertai Ini program widget kecil untuk memberitahu Anda cuaca atau melacak paket yang dikirim, menurut laporan India.com

Menu start yang ikonik biasanya muncul dari sisi kiri di bagian bawah layar kini bermigrasi ke tengah, mirip dengan Mac OS. Tampaknya tampilan ini terinspirasi oleh smartphone, tablet, atau komputer Apple Mac.

Satya sempat mengungkap petunjuk soal kemunculan perangkat lunak Windows baru kepada pengembang aplikasi bulan lalu.

Dia mengatakan beberapa hal yang akan dilakukan peningkatan seperti, “tampilan baru akan membantu membayangkan kembali arah perkembangan umat manusia dan apa yang dapat kami lakukan, melampaui waktu dan bahkan ruang, dan ini baru permulaan,” katanya.

Dikuti Cnet, Windows anyar ini diluncurkan di momen yang tidak biasa bagi industri teknologi. Sebab, saat ini tengah terjadi kekurangan pasokan chip dan perangkat keras lain.

Mengutip India.com, Windows terbaru diharapkan menjadi jawaban untuk kehidupan kerja hybrid antara kerja di kantor dan rumah yang banyak dilakukan saat ini.

Meski demikian, analis memperkirakan bahwa laptop dan komputer desktop menunjukkan penjualan tertinggi mereka tahun ini akibat pandemi.

Awal pekan ini, Microsoft mencatat sebagai perusahaan kedua di AS yang mencapai kapitalisasi pasar US$2 miliar atau lebih tepatnya US$1,99 miliar. Sebelumnya, Apple sudah lebih dulu ada di posisi tersebut. Kini nilai Apple bahkan sudah US$2,3 miliar.

(can/eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar