Link Live Streaming Gerhana Bulan Total Malam Ini

Jakarta, TechOPet —

Gerhana Bulan Total Perigee atau Super Blood Moon bisa dilihat dari sebagian besar wilayah Indonesia malam (26/5) ini. Simak informasi dan link live streaming gerhana bulan total pada laman berikut.

Bila tidak sempat melihat secara langsung, gerhana bisa dilihat secara streaming yang disiarkan Planetarium & Observatorium Jakarta.

“Planetarium dan Observatorium Jakarta UP PKJ TIM tidak akan melewatkan fenomena tersebut untuk diliput dan diulas bersama sahabat semua,” penggalan keterangan Planetarium & Observatorium Jakarta.



Anda bisa mengunjungi laman ini untuk menyaksikan live streaming gerhana bulan total malam ini.

Gerhana bulan terjadi saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar. Peristiwa ini disebabkan pergerakan dinamis posisi matahari, bumi, serta bulan yang hanya terjadi saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya

Gerhana bulan total malam nanti terjadi saat bulan berada di umbra bumi, yang berakibat saat puncak gerhana bulan total sehingga bulan akan terlihat berwarna merah atau yang lebih dikenal dengan istilah Blood Moon.

Lantaran posisi bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut dengan Super Moon.

Observatorium Bosscha mengatakan fenomena astronomi pada malam nanti bisa disaksikan tanpa alat bantu. Hanya dengan keluar ruangan dan memandang ke langit bulan sudah bisa terlihat.

Gerhana bulan total bisa dilihat tanpa alat karana tidak memiliki intensitas cahaya yang berbahaya seperti gerhana Matahari. Bulan hanya mendapat cahaya dari pantulan sinar matahari, bukan sebagai sumber cahaya.

Gerhana bulan malam ini menjadi spesial karena bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2021 yang dirayakan pemeluk agama Budha.

Waisak sendiri dirayakan setiap Mei tepatnya pada waktu terang bulan atau dengan istilah lain yaitu Purnama Sidhi untuk memperingati Trisuci Waisak yakni tiga peristiwa penting, yakni kelahiran, penerangan agung, dan kematian Buddha Gautama.

Jangan lewatkan live streaming gerhana bulan total malam ini di laman berikut.

(adp/kid)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar