LG dan Magna Diprediksi Produksi Apple Car

Jakarta, TechOPet —

Apple dilaporkan semakin dekat untuk bekerjasama dengan perusahaan otomotif patungan antara LG dengan Magna bernama LG Magna e-Powertrain. Ujung dari kerja sama ini akan membuat LG dan Magna International memproduksi Apple Car.

Apple diperkirakan akan memperkenalkan kendaraan bertenaga listrik paling cepat tahun 2025.

Melansir 9to5mac, segala urusan kemitraan LG dan Magna diprediksi selesai akhir tahun ini. Sedangkan Apple bakal menjadi klien utama.



Di awal tahun, ada banyak laporan yang menyebutkan Apple sedang menjajaki kesepakatan dengan Kia dan Hyundai, dengan nilai kerjasama sekitar US$4 miliar. Namun, kedua perusahaan otomotif mengkonfirmasi bahwa mereka tidak lagi berdiskusi dengan Apple sejak Februari 2021.

Putusnya komunikasi kerja sama itu diduga terkait dengan keinginan mobil Apple menjadi milik Apple, dan mitra Apple hanya akan bertindak sebagai penghubung dalam rantai pasokan seperti hubungan Foxconn dengan iPhone. Hyundai dan Kia diduga tak mau direduksi menjadi rantai pasok produsen belaka.

Melansir Korea Times, volume produksi mobil Apple dikabarkan tidak akan besar. Sebab, Apple berniat menggunakan EV generasi pertamanya sebagai kesempatan untuk mengevaluasi daya jual mereka.

“Karena afiliasi LG Group termasuk LG Display, LG Chem, LG Energy Solution, dan LG Innotek sudah termasuk dalam rantai pasokan suku cadang Apple, Apple tidak perlu khawatir tentang masalah rantai pasokan. Afiliasi LG ini memenuhi syarat untuk menjamin hasil produksi dan pengiriman suku cadang yang lebih cepat yang diperlukan untuk Apple EV,” kata sumber.

Setelah kesepakatan dibuat, kedua pihak akan bersama-sama menetapkan detail yang relevan untuk produksi Apple EV, yang prototipe-nya akan keluar sekitar awal 2024.

LG Magna e-Powertrain bernilai US$1 miliar dan akan ditugaskan untuk memproduksi e-motor, inverter dan pengisi daya. LG akan memiliki 51 persen perusahaan baru dan Magna, 49 persen.

LG sebelumnya telah memasok motor, paket baterai, dan komponen lainnya untuk Bolt EV General Motors dan ke Tesla. Magna sudah membuat elektronik otomotif untuk perusahaan.

Magna, yang berkantor pusat di luar Toronto, sebelumnya mengatakan akan membuat kendaraan di sebuah pabrik di Amerika Utara jika dikontrak untuk melakukannya.

(jps/mik)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar