Lenovo Pimpin Pasar Laptop Global, Chrome OS Semakin Melesat

techopet.com – Perusahaan riset industri Strategy Analytics telah mengungkapkan laporan mengenai perkembangan pasar laptop global. Laporan tersebut termasuk lima merek penguasa pasar laptop global dan juga sistem operasi yang mendominasi.

Strategy Analytics mengungkapkan bahwa pengiriman pasar PC dan laptop telah meningkat sebesar 81 persen secara YoY (Year-on-Year). Lenovo memimpin pasar laptop dan PC dengan jumlah pengiriman sebanyak 16,3 juta unit pada kuartal pertama 2021 (Q1 2021).

Mereka menempati peringkat pertama dengan pangsa pasar 23,9 persen. Chromebook rupanya mendominasi sektor pendidikan di mana Chrome OS mengalami pertumbuhan 174 persen dari tahun ke tahun.

Pengirimannya meningkat dari 4,4 juta unit menjadi 12,1 juta unit pada Q1 2021. Dilansir dari NDTV, laporan dari Strategy Analytics menyebutkan bahwa lima vendor teratas adalah Lenovo, HP, Dell, Apple, dan Acer.

Setelah Lenovo, HP merupakan vendor PC terbesar dengan pangsa pasar 22,6 persen pada Q1 2021. HP mengirimkan 15,4 juta unit pada kuartal tersebut dan mencatatkan pertumbuhan YoY sebesar 91 persen.

Laptop Lenovo ThinkBook.(Lenovo)
Laptop Lenovo ThinkBook.(Lenovo)

Pangsa pasar Dell berada pada 14,6 persen, Apple pada 8,4 persen, dan Acer 7,2 persen pada rentang Januari hingga Maret 2021. Strategy Analytics mengatakan bahwa Dell mengirimkan 10 juta unit pada kuartal tersebut dengan pertumbuhan 37 persen YoY, dan Apple mengirimkan 5,7 juta unit mendapatkan pertumbuhan 94 persen YoY.

Sementara Acer mengirimkan 4,9 juta unit pada Q1 2021 dengan pertumbuhan YoY sebesar 94 persen juga. Windows masih mendominasi sistem operasi PC dan laptop secara global. Mereka memimpin dengan pengiriman 49,8 juta unit dan meraih pangsa pasar 73 persen.

Pangsa Pasar Laptop Global. (Strategy Analytics)
Pangsa Pasar Laptop Global. (Strategy Analytics)

Chrome memperoleh pangsa pasar 17,7 persen sementara MacOS di tempat ketiga dengan 8,4 persen. “Chromebook terus mendominasi sektor pendidikan karena permintaan terkait sektor pendidikan dasar masih tinggi di pasar negara maju. Pasar UKM juga merespons dengan baik daya saing biaya dan pengelolaan ekosistem Chrome, itu membuat pangsa pengiriman OS yang terus meningkat di segmen sehingga memberi vendor kesempatan penting untuk perlahan-lahan menaikkan harga dan menambahkan fitur,” kata seorang analis industri bernama Chirag Upadhyay.

Meski Chrome dan MacOS bersaing ketat pada kuartal pertama tahun lalu, kini selisih kedua OS itu semakin tinggi (17,7 persen berbanding 8,4 persen).

Pangsa pasar OS yang mendominasi secara global. (Strategy Analytics)
Pangsa pasar OS yang mendominasi secara global. (Strategy Analytics)

Meningkatnya pangsa pasar laptop dan PC secara global ada kaitannya dengan fenomena WFH (work from home) yang mulai populer saat pandemi.

Laporan ini juga menyuratkan bahwa Lenovo masih mempunyai lini produk yang cukup kuat dalam menguasai pasar laptop global di kuartal pertama 2021.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar