Langka, Laba-laba Black Widow Menyantap Ular

Jakarta, TechOPet —

Laba-laba raksasa tertangkap tengah menyantap ular telah menarik perhatian para ahli. Fenomena ini menunjukkan hewan yang masuk ke dalam kelas arachnida itu menikmati menu baru makanan mereka.

Berdasarkan temuan dari 319 studi kejadian, perilaku makan yang tidak biasa dari laba-laba muncul. Studi itu diunggah di American Journal of Arachnology.

Martin Nyffeler, arachnologist di University of Basel, dan Whitfield Gibbons dari University of Georgia, AS, menemukan dasar fenomena itu merupakan fenomena aneh. Laba-laba itu masuk dalam jenis black widow yang berasal dari famili Theridiidae. Laba-laba ini disebut laba-laba pemburu yang baik.



Peneliti mengamati bahwa laba-laba pemangsa ular ditemui di Amerika Serikat dan Australia.

Sementara di Eropa, perilaku laba-laba ini disebut sangat jarang diamati, meski ada namun laba-laba itu memakan ular berukuran kecil yang tidak berbisa dari keluarga ular buta (Typhlopidae).

“Bahwa begitu banyak kelompok laba-laba yang terkadang memakan ular adalah penemuan yang benar-benar baru,” ujar Martin.

Dikutip Science Daily, kandungan racun pada laba-laba black widow secara khusus menargetkan sistem saraf vertebrata pada mangsanya.

Laba-laba itu juga dapat membangun jaring yang dianggap sangat kuat. Hal ini memungkinkan laba-laba menangkap hewan yang lebih besar seperti kadal, katak, tikus, burung, dan ular.

Selain itu terdapat temuan baru lainnya yaitu laba-laba dapat menaklukkan ular 10 sampai 30 kali ukuran mereka. Ular terbesar yang berhasil ditangkap laba-laba memiliki panjang hingga satu meter, yang terkecil hanya sekitar enam sentimeter.

Hasil analisa para peneliti, panjang rata-rata ular yang ditangkap adalah 26 sentimeter. Sebagian ular yang ditangkap masih sangat muda, atau hewan yang baru menetas.

Banyak spesies laba-laba yang membunuh dan memakan ular berbisa yang berpotensi mematikan bagi manusia. Itu berarti racun spesies laba-laba memiliki efek bahaya pada ular, seperti halnya racun laba-laba pada ular.

Mengutip drivebyeexterminators, bisa laba-laba black widow memiliki kekuatan 15 kali lebih beracun daripada ular derik.

(can/mik)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar