Laksana Tri Handoko, Ahli Fisika LIPI Jadi Kepala BRIN

Jakarta, TechOPet —

Presiden Joko Widodo resmi melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Rabu (28/4). Dia menggantikan Bambang Brodjonegoro yang sebelumnya menjabat sebagai Menristek/ Kepala BRIN.

Handoko bukan orang baru dalam dunia riset. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Handoko dilahirkan di Malang pada 7 Mei 1968. Dia merupakan sarjana jurusan fisika di Universitas Kumamoto, Jepang, tahun 1993. Sebelum ke Jepang, Handoko diketahui sempat mengenyam pendidikan selama beberapa bulan di Institut Teknologi Bandung.



Kala itu, Handoko merupakan salah satu pelajar yang dipilih dalam program OFP IV dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI di era Presiden B.J. Habibie.

Setelah lulus sarjana, Handoko kemudian melanjutkan studi masternya di bidang fisika teori di Universitas Hiroshima, Jepang. Di universitas yang sama, Laksana pun berhasil meraih gelar doktor di bidang teori fisika partikel atau fisika energi tinggi.

Setelah menyelesaikan studinya, Handoko sempat malang melintang sebagai peneliti di sejumlah lembaga penelitian seperti The Abdus Salam International Center for Theoretical Physics ICTP; Deutsches Elektronen-Synchroton (DESY); Department of Physics – Yonsei University; hingga ICTP Simons Associate.

Pada tahun 1987, Handoko diketahui menjadi bagian dari Pusat Penelitian Fisika. Beberapa tahun kemudian, dia ditunjuk menjadi Kepala Grup Fisikawan Teoritik dan Komputasi Pusat Penelitian Fisika.

Pada tahun 2012, Handoko juga dipercaya menjadi Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI. Dua tahun kemudian, dia diangkat menjadi Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI.

Puncaknya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menunjuk Handoko sebagai Kepala LIPI pada tahun 2018.

(jps/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar