KPAI Imbau Anak tak Bermain Petasan |TechOPet Online

Hindari membuat, mendistribusi, menjual dan bermain petasan

TechOPet.com, JAKARTA — Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto meminta masyarakat khususnya anak-anak tidak menyalakan petasan. Bulan Ramadhan, kata Susanto sebaiknya dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif.

“Kami mengimbau kepada anak Indonesia, agar manfaatkan bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif, bermanfaat dan tidak membahayakan. Hindari membuat, mendistribusi, menjual dan bermain petasan, karena bermain petasan membahayakan jiwa anak dan lingkungan sekitar,” kata Susanto, dalam keterangannya, Senin (3/5).

Ia meminta orang tua dan tokoh masyarakat agar bekerjasama untuk mengawasi anaknya agar tidak bermain petasan. Orang tua dan tokoh masyarakat juga perlu membimbing anak-anak mengenai bahaya bermain petasan.

Anak-anak, kata Susanto harus diberi pemahaman bahwa tidak bermain petasan semata-mata untuk kebaikan dan keselamatan mereka sendiri dan masyarakat. “Apalagi, tidak sedikit kejadian di tahun-tahun sebelumnya, bahwa bermain petasan rentan mengancam keselamatan jiwa pemain dan lingkungan masyarakat,” kata dia lagi.

Lebih lanjut, Susanto mengatakan Ramadhan adalah bulan ibadah yang penuh keutamaan untuk umat Islam. Oleh karena itu, bulan Ramadhan perlu dihabiskan dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat daripada bermain petasan yang justru membahayakan orang lain.

Bermain petasan, memang sudah menjadi bagian dari tradisi yang dilakukan sebagian masyarakat termasuk usia anak. Di bulan Ramadhan, sering kali lebih banyak orang yang bermain petasan dibandingkan hari-hari biasanya. Namun, di satu sisi bermain petasan juga sering menimbulkan kerugian. Kerugian-kerugian tersebut harus dihilangkan dengan tidak bermain petasan.

Bagikan

Tinggalkan komentar