Kominfo Sebut Warga Papua Dapat Bonus Imbas Putus Internet

Jakarta, TechOPet —

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut Indihome dan Telkomsel akan memberikan kompensasi bagi pelanggan Telkom Group yang terdampak gangguan putus jarignan internet di Papua.

Untuk pengguna IndiHome, akan mendapat kompensasi berupa pembebasan tagihan khususnya untuk pemakaian selama bulan Mei 2021. Kompensasi dilakukan secara prorata dengan tidak membebankan tagihan ke pelanggan selama layanan masih terganggu.

“Telkomsel juga akan memberikan kompensasi berupa bonus khusus dalam bentuk kuota data dan atau kuota voice (telepon) dan SMS berdasarkan analisis penggunaan pelanggan yang terdampak,” jelas juru bicara Kemkominfo, Dedy Permadi kepada TechOPet.com, Rabu (9/6).



Sebelumnya, layanan internet di sejumlah wilayah Papua terputus sejak 30 April 2021. Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan kondisi itu akibat putusnya kabel fiber optik bawah laut ruas Biak-Jayapura pada kedalaman 4.000 meter di bawah permukaan laut.

“Gangguan ini dari hasil pengamatan kami diakibatkan karena faktor alam,” ujar Johnny secara virtual, Senin (7/6).

Johnny membeberkan putusnya kabel laut itu berdampak pada total traffic yang hilang sepertiga, sekitar 154 GBPS, dari total traffic di Papua sebesar 464 GBPS.

“Area terdampak gangguan itu pada empat titik, Jayapura, Abepura, Sentani dan Sarmi, bukan di seluruh Papua,” ujarnya.

Dedy menegaskan layanan telekomunikasi TelkomGroup di wilayah Jayapura dan sekitarnya telah kembali normal seperti sediakala sejak 8 Juni 2021 pukul 14.00 WIB.

“Per 8 Juni 2021 pukul 14.00 WIB kemarin, seluruh layanan telekomunikasi TelkomGroup baik data maupun suara di wilayah Jayapura dan sekitarnya telah kembali normal seperti sediakala,” ujar Dedy.

Dedy mengatakan Telkom telah menyelesaikan proses penyambungan dua sisi kabel laut SMPCS ruas Biak-Sarmi yang semula terputus. Setelah itu, Telkom berhasil kembali melayani trafik telekomunikasi dari dan menuju Jayapura.

(jps/eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar