Kisah Bill Gates Putus Sekolah tapi Sukses dan Jadi Miliarder

Jakarta, TechOPet —

Pendiri perusahaan Microsoft Bill Gates dikenal sebagai miliarder dari bidang teknologi. Namun untuk menyandang gelar itu, ia dilaporkan tidak memiliki gelar pendidikan sama sekali.

Tidak hanya Gates, beberapa miliarder dunia juga tidak lulus kuliah karena fokus mengembangkan bisnis, salah satunya seperti CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Selain itu ada pula pendiri Uber, Travis Kalanick yang meraup keuntungan hingga menyandang sebagai miliarder, tetapi ia dinyatakan keluar dari berbagai sekolah seperti Harvard, UCLA hingga The City College of New York.



Berdasarkan catatan Forbes pada tahun 2018, sebanyak 400 orang terkaya di Amerika adalah orang yang putus sekolah salah satunya yakni Bill Gates.

Dikutip Insider, pada tahun 2010, The Harvard Crimson menyebut Gates sebagai ‘orang putus sekolah yang paling sukses dari Harvard’. Ia meninggalkan sekolah Ivy League pada tahun keduanya pada 1975.

Menurut laporan Forbes, pria berusia 63 tahu itu memiliki total kekayaan sebesar US$129,9 miliar atau Rp1,875 triliun.

Meski begitu Gates bukan lantas meninggalkan sekolahnya saja. Ia dianggap pintar karena ia mempelajari berbagai hal sendiri dengan akselerasi yang dinilai lebih cepat daripada yang ditawarkan di bangku sekolah.

Ada banyak buku, kursus, dan praktik yang dapat dilakukan seseorang tanpa sekolah, tetapi membutuhkan kedisiplinan dan minat tinggi yang jarang dimiliki oleh banyak orang.

Dikutip Inc, Gates yang putus sekolah, namun memiliki ide-ide besar dan motivasi untuk mewujudkan impiannya.

Perjalanan karier Bill Gates sebagai pendiri Microsoft ini menjadi inspirasi banyak orang. Meski putus sekolah namun ia sangat fokus pada bidang minat yang dimilikinya. Pada akhirnya ia mendirikan perusahaan Microsoft pada 1975 dan hingga kini masih berperan di dunia digital.

(can/mik)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar