Kapasitas Baterai iPhone 6: Kuat dan Tahan Lama!

Kapasitas Baterai iPhone 6: Kuat dan Tahan Lama!

Kapasitas Baterai iPhone 6: Kuat dan Tahan Lama!

Tidak bisa dipungkiri bahwa kapasitas baterai iPhone kerap mengundang pro kontra. Banyak yang menganggap bahwa baterai memiliki kapasitas terlalu kecil sehingga terkesan boros. Jika Anda ingin mengetahui kapasitas baterai iPhone 6, Anda akan segera menemukan jawabannya.

iPhone 6 merupakan salah satu model yang sempat menjadi primadona pada masanya. Mengusung layar 4.7 inch, perangkat ini ternyata memiliki kapasitas baterai yang tergolong besar. Untuk lebih lengkapnya, jangan lewatkan pembahasan tutorial iOS / iPhone OS lengkap di bawah ini.

1. Spesifikasi Baterai iPhone 6

iPhone 6 diperkenalkan ke publik sekitar tahun 2014. Di masa tersebut, kebanyakan smartphone masih memiliki spesifikasi yang minim termasuk dalam hal baterai. Kendati demikian, iPhone berani memunculkan gebrakan dengan meluncurkan iPhone 6 yang berkapasitas baterai lumayan besar.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai spesifikasi baterai yang digunakan di iPhone 6, berikut penjelasannya:

1.1. Kapasitas

Dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 5 yang mengusung kapasitas baterai tidak lebih dari 1500 mAh, model ini menghadirkan kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 1810mAh. Wajar jika hal ini mampu menyedot perhatian masyarakat, terutama penggemar iPhone.

1.2. Jenis

iPhone 6 juga menggunakan baterai jenis Lithium Polymer dengan daya simpan untuk jangka panjang yang lebih baik. Baterai jenis ini juga lebih ringan, meskipun dari segi harga lebih mahal. Dibandingkan iPhone 6s yang menggunakan Lithium Ion, model ini bisa dibilang lebih unggul dalam hal jenis baterai.

1.3. Daya Tahan

Dengan kapasitas 1810 mAh, pengguna bisa menikmati waktu bicara hingga 14 jam. Ponsel juga dapat digunakan untuk memutar musik selama 50 jam tanpa jeda. Daya tahan baterai ini relatif sama dengan saudaranya yaitu iPhone 6s.

1.4. Perbandingan dengan Performa iPhone

Jika dibandingkan dengan spesifikasi perangkat secara keseluruhan, kapasitas baterai tidak bisa dibilang terlalu kecil. Pasalnya model ini masih menggunakan jaringan LTE serta RAM yang tidak terlalu besar, yaitu 1GB saja.

Tidak bisa dipungkiri bahwa iPhone 6 memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup besar dibandingkan dengan ponsel lain pada masa tersebut. Bukan hal yang aneh jika hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna smartphone beberapa tahun silam.

2. Cara Menjaga Baterai agar Awet

Anda masih menggunakan iPhone 6 hingga saat ini? Jika iya, kemungkinan kapasitas baterai iPhone 6 sudah mengalami penurunan. Namun Anda tidak perlu risau karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga serta mengoptimalkan kesehatan baterai.

Berikut cara yang bisa dilakukan:

2.1. Hindari Suhu Tinggi

Baterai yang diletakkan di tempat bersuhu tinggi relatif lebih boros dibandingkan baterai yang berada di tempat dingin atau memiliki temperatur normal. Untuk menjaga kesehatan baterai, ada baiknya jika Anda menghindari berbagai tempat yang bersuhu panas lebih dari 35 derajat Celcius.

2.2. Lepas Sarung Casing Saat Dicharge

Ketika di charge, ponsel akan menjadi panas. Beberapa jenis casing membuat panas terperangkap di dalam perangkat. Hal ini bisa menimbulkan panas berlebih sehingga mempengaruhi kapasitas baterai. Oleh karena itu, disarankan untuk melepas casing sebelum mengisi daya baterai.

2.3. Gunakan Aplikasi

Ada banyak aplikasi cek baterai iPhone yang bisa digunakan untuk memantau kondisi kesehatan baterai. Aplikasi tersebut biasanya memiliki beragam fitur yang mampu memonitor kapasitas baterai dan mendeteksi apabila terjadi penurunan performa.

Anda akan mendapatkan berbagai informasi lengkap seputar baterai, termasuk daya tahan, performa, dan statistik data penggunaan. Pastikan Anda menggunakan aplikasi yang sesuai untuk perangkat Anda sehingga mampu membaca data dengan lebih maksimal.

2.4. Hapus Aplikasi Boros Baterai

Beberapa aplikasi membutuhkan lebih banyak daya dibandingkan aplikasi lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memilah aplikasi mana saja yang harus dibuang karena menghabiskan daya baterai.

2.5. Pakai Charger Asli

Menggunakan charger yang khusus dibuat untuk iPhone sangatlah penting. Charger tersebut memiliki spesifikasi yang sesuai dengan baterai iPhone sehingga mampu menjaga kapasitas baterai. Lain halnya jika Anda menggunakan charger yang tidak sesuai sehingga mempengaruhi performa baterai.

2.6. Perhatikan Hal-Hal Kecil

Tidak banyak yang tahu jika hal-hal kecil bisa memberikan pengaruh besar pada kapasitas baterai. Agar baterai tetap sehat dan awet, Anda bisa menggunakan low power mode, mengurangi kecerahan layar, hingga mematikan Bluetooth dan lokasi jika tidak dibutuhkan.

Anda juga bisa mematikan aplikasi yang berjalan di belakang layar agar baterai tidak terkuras tanpa sepengetahuan Anda. Dan yang tak kalah penting, gunakan Dark Mode untuk aplikasi yang memiliki dukungan tersebut.

Dengan melakukan berbagai cara tersebut, diharapkan baterai iPhone menjadi lebih awet dan tahan lama. Apapun model iPhone dan betapapun kapasitas baterai yang Anda gunakan, lakukan hal-hal kecil tersebut agar kapasitas baterai tidak berkurang secara drastis.

Dari informasi di atas, kini Anda tahu seberapa besar kapasitas baterai iPhone 6. Meskipun kapasitas tersebut tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan iPhone keluaran baru, spesifikasi baterai iPhone 6 tergolong mumpuni pada masanya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar