Kampus BSI Solo Ajak Masyarakat Jadi Public Speaker Handal |TechOPet Online

BSI Kampus Solo latih milenial belajar public speaking lewat workshop

TechOPet.com, SOLO – Public Speaking merupakan disiplin ilmu tentang cara mempengaruhi audiens agar mengerti dengan apa yang sedang dibicarakan. Seorang public speaker harus selalu menjadi pusat perhatian saat melakukan presentasi ataupun berbicara. 

“Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo telah menggelar workshop Berbagi Sesama Insan dengan mengusung tema ‘Public Speaking for Millenials’. Workshop ini diikuti peserta dari berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, guru dan umum,” tutur Kepala kampus Universitas BSI kampus Solo, Erlangga Brahmanto, Sabtu (1/5).

Erlangga mengatakan, Komunikasi untuk menyampaikan keinginan dan mencapai tujuan. Komunikasi juga merupakan jalan menyelesaikan masalah. Walaupun masalah bisa disebabkan kesalahan dalam komunikasi.

Selain itu, ia membahas tentang pentingnya presentasi yang harus memenuhi aspek tersampaikannya informasi secara utuh.“Tujuan presentasi dibagi menjadi tiga diantaranya to inform yakni memberikan informasi baru atau tambahan tentang topik. To persuade yakni membentuk atau mengubah sikap audiens untuk melakukan sesuatu setelah mendengarkan presentasi,” pungkasnya.

Menurutnya, ada beberapa konsep dasar komunikasi, antara lain komunikasi verbal dan non verbal. Relasi dari bentuk keduanya yakni seperti komunikasi personal dan komunikasi publik, media komunikasi seperti suara, tulisan, gambar, video.

“Public speaking merupakan kegiatan penyampaian pesan berupa ide/gagasan secara oral atau lisan. Bentuk komunikasi di mana seorang pembicara menghadapi pendengar dalam jumlah yang relatif besar dan pembicaraan yang relatif kontinyu,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, tujuan public speaking yakni menyampaikan informasi kepada audiens, menghibur audiens, dan mempengaruhi audiens.“Saya berharap setelah diadakan webinar ini para peserta dapat segera mulai mengaplikasikannya dalam berkomunikasi,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Ramadhan dari Universitas BSI sebagai Lembaga Pendidikan yang bertanggung jawab menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni salah satunya melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Bagikan

Tinggalkan komentar