Kabel Bawah Laut Putus, Telkom Akan Beri Kompensasi untuk Pengguna di Papua

techopet.com – PT Telkom Papua menyiapkan kompensasi bagi pelanggan yang terdampak gangguan jaringan internet akibat putusnya kabel optik bawah laut di perairan Sarmi-Biak.

Kepala PT Telkom Papua Sugeng Widodo di Jayapura, pekan ini mengatakan kompensasi ini dalam bentuk potongan pembayaran tagihan penggunaan jasa komunikasi.

“Kami akan hitung tagihannya dan berikan kompensasi,” kata Widodo seperti dilansir dari Antara, Selasa (4/5/2021).

Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan layanan ini. Layanan komunikasi di beberapa wilayah di Papua nyaris lumpuh sejak 1 Mei 2021. Layanan lumpuh akibat putusnya kabel bawah laut di sekitar Sarmi.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengatakan pihaknya mengambil tiga langkah sebagai solusi untuk memulihkan jaringan komunikasi dan internet di Papua menyusul terputusnya jaringan kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Jayapura.

Ketiga langkah tersebut, adalah menyediakan bandwidth melalui jaringan Palapa Ring Timur hingga 500 Mbps, tiga VSAT satelit dengan bandwidth hingga 469 Mbps, penambahan link satelit sebanyak 4×155 Mbps, serta penataan prioritas lalu lintas trafik komunikasi.

Upaya lainnya adalah penambahan satu Gbps melalui link radio IP dan penambahan dari Palapa Ring Timur.

Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relation Telkom Indonesia Ahmad Reza mengatakan saat ini layanan voice, SMS, sudah pulih, sedangkan untuk data pihaknya berharap berangsur dengan mengutamakan prioritas penggunaan.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar