John McAfee Diyakini Tidak Bunuh Diri Dalam Penjara

Jakarta, TechOPet —

Janda pendiri software antivirus McAfee, John McAfee, Janice McAfee menyalahkan pihak berwenang Amerika Serikat atas kematian mantan suaminya. Janice meyakini suaminya tewas bukan karena bunuh diri di penjara Barcelona, Rabu (23/6).

Pria berusia 75 tahun itu ditemukan tewas setelah pengadilan tinggi Spanyol mengizinkan McAfee diekstradisi ke Amerika Serikat atas tuduhan penggelapan pajak.

Dikutip dari TechOPet, Senin (28/6), Janice menuntut penyelidikan menyeluruh terhadap mendiang suaminya, setelah mengklaim suaminya tewas bukan karena bunuh diri dalam penjara.



Penyebab kematian McAfee masih dalam penyelidikan, kata juru bicara Pengadilan Tinggi Catalonia. 

Pengacara Janice McAfee, Javier Villalba, mengatakan kepada media setempat bahwa pihak keluarga sedang menunggu autopsi guna menguak misteri kematian McAfee. Javier mengaku dihubungi beberapa jam sebelum McAfee ditemukan tewas.

“Kata-kata terakhirnya kepadaku adalah “Aku mencintaimu dan aku akan meneleponmu nanti malam”, kata Janice. “Kata-kata itu bukan ucapan seseorang yang ingin bunuh diri,” ujar Janice kemudian.

John McAfee ditangkap di bandara Barcelona pada Oktober 2020 atas surat perintah yang dikeluarkan oleh jaksa di Tennessee karena diduga menghindari pajak lebih dari US$4 juta beberapa bulan sebelumnya.

Dia diduga gagal mengajukan pajak selama empat tahun meski telah menghasilkan pendapatan jutaan dollar 2014 dan 2018. Para hakim Spanyol menyetujui ekstradisinya untuk menghadapi dakwaan untuk tahun pajak 2016, 2017 dan 2018.

Menurut dokumen pengadilan, pendapatan ini diperoleh dari mempromosikan cryptocurrency, pekerjaan konsultasi, ceramah, dan menjual hak atas kisah hidupnya untuk sebuah film dokumenter.

Dalam sidang virtual di pengadilan Spanyol awal bulan ini, McAfee berpendapat bahwa tuduhan penggelapan pajak di AS bermotif politik, seperti dilaporkan Associated Press.

Meski demikian, saat ini John McAfee sudah tidak terafiliasi dengan perusahaan anti malware yang didirikannya itu.

(mik)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar