Jaringan 5G Telkomsel: Lokasi, Jadwal Rilis, Perangkat yang Support

techopet.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi telah memberikan izin laik operasi kepada PT Telkomsel Seluler sebagai operator seluler pertama yang menyelenggarakan 5G Telkomsel di Indonesia. Lalu seperti apa jaringan 5G Telkomsel?

Dalam ulasan ini akan dijelaskan lokasi yang sudah terjangkau 5G Telkomsel, jadwal rilis hingga perangkat yang mendukung jaringan baru tersebut.

Jadwal Rilis 5G Telkomsel

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate juga menambahkan izin commercial operation permit 5G kepada Telkomsel, yang diberikan kepada Telkomsel pada tanggal 21 Mei 2021 lalu.

Rencananya, layanan 5G Telkomsel akan diluncurkan pada tanggal 27 Mei 2021. Jadi, besok pelanggan Telkomsel akan dapat menikmati jaringan 5G. Namun perlu diketahui bahwa lokasi 5G Telkomsel pada awal ini masih terbatas.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro / [SuaraSulsel.id / Telkomsel]
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro / [SuaraSulsel.id / Telkomsel]

Lokasi 5G Telkomsel

Layanan jaringan 5G Telkomsel tersebut akan dinikmati secara terbatas dan bertahap di enam lokasi residential Jabodetabek dan kota-kota lainnya Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung.

Sedangkan untuk kota-kota lainnya akan menyusul. Enam lokasi residential tersebut adalah Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk (PIK), Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra dan Alam Sutera. Rencananya Telkomsel akan menggelar 5G di pita frekuensi 2.3 GHz dengan ketebalan pita 30 GHz sehingga 5G Telkomsel akan diselenggarakan di pita frekuensi 2.3 GHz hingga 3.0 GHz.

Perangkat yang Support 5G Telkomsel

Melalui akun Instagram resminya, Telkomsel menjelaskan bahwa saat ini ada beberapa handphone atau perangkat yang support 5G Telkomsel yaitu perangkat dengan kemampuan 5G Non-Stand Alone (NSA) pada frekuensi 2300 MHz. Perangkat yang Support 5G Telkomsel diantaranya:

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar