Isu Bocor, Windows 11 Diklaim Bisa Beroperasi di Lumia 950 XL

Jakarta, TechOPet —

Salah satu warganet dilaporkan dapat menginstal perangkat lunak Windows 11 terbaru di smartphone Microsoft Lumia 950 XL. Sementara Microsoft terus berupaya mengembangkan dan bereksperimen dengan sistem mereka.

Sebelumnya, dilaporkan Windows 11 bocor dan beberapa orang telah memasang sistem operasi itu di Lumia 950 XL lama.

Gustave Monce berhasil menginstal Windows 11 pada Lumia 950 XL. Tak ketinggalan handset tersebut ditenagai oleh chipset seri Qualcomm Snapdragon dan didukung ARM.



Microsoft Lumia 950XL merupakan gawai yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 dan sudah lama dihentikan produksinya.

Mengutip Hitechglitz, smartphone itu didukung dengan versi Windows 10 yang dikonfigurasi khusus untuk perangkat seluler, sehingga Windows 10 versi desktop relatif mudah dipasang di gawai.

Hal itu juga berarti, Windows 10X Microsoft yang sekarang dihentikan telah diinstal pada smartphone. Dalam video yang dibagikan oleh para penginstal, gawai itu menjalankan versi lengkap Windows 11 tanpa kendala yang besar.

Lebih lanjut, video itu menunjukkan smartphone tersebut memang sedikit nge-lag saat membuka aplikasi tertentu, namun dibanding Windows 10, tak dijumpai masalah saat menjalankan perangkat lunak baru itu.

Melansir Gizmochina, hal itu menunjukkan kompatibilitas bagian luar perangkat lunak dari Microsoft serta membuka jalan bagi lebih banyak perangkat berbasis ARM untuk menjalankan sistem operasi baru.

Hingga kini, Microsoft mengkonfirmasi bahwa Windows 11 dapat berjalan di komputer yang lebih baru, yang menjalankan chipset Intel generasi ke-8 dan chipset AMD Zen 2 atau lebih tinggi, serta pada perangkat Qualcomm Seri 7 dan 8.

Selain itu, Windows juga dapat diinstal di perangkat yang mendukung seperti ARM termasuk smartphone dan gadget berbasis ARM lainnya.

Pengguna juga telah berhasil menjalankan Windows 11 pada Raspberry Pi 4 berbasis ARM. Hal itu didasarkan pada prosesor Broadcom yang sudah kompatibel dengan WIndows 10. Menariknya, pengguna melaporkan bahwa Windows 11 terbaru lebih cepat daripada Windows 11 OS.

(nis/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar