iPhone Stuck di Logo Apple dan Tidak Dikenali iTunes, Ini Solusinya!

iPhone Stuck di Logo Apple dan Tidak Dikenali iTunes, Ini Solusinya!

iPhone Stuck di Logo Apple dan Tidak Dikenali iTunes, Ini Solusinya!

Anda pernah mengalami iPhone stuck di logo Apple dan tidak dikenali iTunes? Kejadian ini pasti menimbulkan kepanikan, apalagi jika Anda belum pernah mengalami hal serupa. Ini tidak otomatis menunjukkan bahwa iPhone mengalami kerusakan, hanya saja ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Di tutorial iOS iPhone lengkap kali ini akan dibahas mengenai penyebab serta cara menangani perangkat iPhone yang stuck di logo Apple dan tidak dikenali iTunes. Jangan lewatkan pembahasan berikut.

1. Mengapa iPhone Berhenti di Logo Apple?

Belum diketahui alasan pasti dan spesifik mengapa iPhone stuck di logo Apple ketika diaktifkan. Namun berdasarkan pengalaman, ada beberapa hal yang diduga sebagai penyebab munculnya masalah berhentinya proses booting di logo Apple.

Salah satu penyebab utama adalah kegagalan sistem operasi saat booting. Ketika sistem operasi mengalami sedikit masalah, maka hal ini akan menyebabkan gangguan pada proses awal atau booting. Alhasil, ponsel akan berhenti di titik tertentu sebelum berhasil mencapai home screen.

Penyebab lainnya adalah gangguan pada perangkat keras atau hardware. Hanya saja kendala ini jarang sekali ditemukan, kecuali pada perangkat iPhone keluaran lama dan sudah digunakan bertahun-tahun.

2. Cara Mengatasi iPhone Stuck di Logo Apple

Tidak perlu cemas jika iPhone Anda stuck di logo Apple dan tidak dikenali iTunes. Terdapat beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini, mulai dari force restart hingga menggunakan fitur recovery mode. Simak ulasan lengkap berikut ini.

2.1. Force Restart

Force restart atau mematikan dan menyalakan kembali perangkat iPhone adalah solusi paling mudah untuk mengatasi iPhone stuck di logo Apple dan tidak dikenali iTunes. Selain menyelesaikan masalah stuck di logo, restart juga bisa dilakukan jika iPhone mengalami hang atau crash.

Cara force restart cukup beragam tergantung seri iPhone yang digunakan. Misalnya untuk iPhone 6s dan yang lebih lama, Anda bisa menekan dan menahan tombol power serta home. Sedangkan untuk iPhone 7 dan 7 Plus, tekan dan tahan tombol power serta volume down.

Jika menggunakan iPhone 8 dan yang lebih baru, force restart dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol volume up, volume down, atau tombol samping.

2.2. Cek Update iTunes

Salah satu penyebab iPhone tidak dikenali iTunes adalah aplikasi iTunes yang tidak update alias lawas. Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek iTunes apakah sudah menggunakan versi terbaru atau belum.

Caranya cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Jalankan aplikasi iTunes di komputer.
  • Pada taskbar iTunes, klik Help.
  • Pilih Check for Updates.
  • Jika sistem mendeteksi versi terbaru, segera lakukan update.
  • Coba sambungkan iPhone ke komputer dan lihat apakah iTunes dapat mengenali perangkat Anda.

Apabila tidak ada masalah lain, seharusnya iTunes sudah bisa mengenali iPhone Anda. Jika di saat yang sama Anda lupa password iPhone, jangan lupa cari tahu cara mengatasi lupa password iPhone tanpa iTunes.

2.3. Force Restore

Force restore memaksa perangkat untuk restore dan update perangkat melalui iTunes. Lakukan langkah berikut:

  • Tekan tombol power sekitar 5 detik hingga slider Power muncul.
  • Geser ke Power Off, lalu jalankan iTunes di komputer.
  • Hubungkan ponsel dengan komputer, lalu tekan dan tahan Home.
  • iTunes akan mendeteksi iPhone pada mode Recovery.
  • Klik OK, kemudian konfirmasi bahwa Anda ingin restore.
  • Tunggu hingga proses restore selesai.

Apabila berbagai cara di atas tidak berhasil, kemungkinan masalah iPhone stuck di logo Apple dan tidak dikenali iTunes disebabkan oleh hardware. Segera hubungi contact center Apple untuk solusi dan penanganan lebih lanjut. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar