iPhone Garansi Distributor vs Garansi Resmi

iPhone Garansi Distributor vs Garansi Resmi

iPhone Garansi Distributor vs Garansi Resmi

Garansi merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan ketika membeli iPhone baru. Pasalnya garansi merupakan salah satu jaminan yang diberikan oleh vendor ketika ponsel mengalami kerusakan. Lalu bagaimana dengan iPhone garansi distributor? Apakah jenis garansi ini aman?

iPhone yang menawarkan garansi distributor biasanya dibanderol dengan harga yang sedikit lebih miring. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak pelanggan yang tergiur dan membeli iPhone bergaransi distributor. Lalu apakah bedanya dengan garansi resmi? Simak tutorial iOS iPhone lengkap berikut!

1. Apa itu Garansi Distributor?

Garansi distributor merupakan salah satu jenis garansi yang diberikan oleh distributor alih-alih perusahaan Apple. Lantas siapakah distributor tersebut? Distributor merupakan perusahaan yang menyalurkan dan memasarkan iPhone ke Indonesia.

Sebenarnya ada dua jenis distributor, yaitu distributor resmi dan tidak resmi. Distributor resmi merupakan penyalur yang bekerja sama dengan Apple dan telah mendapatkan izin untuk memasarkan iPhone. Sementara itu distributor tidak resmi memasarkan tanpa adanya kerja sama dengan vendor.

Distributor resmi memasukkan dan menyalurkan iPhone ke pasar Indonesia secara resmi karena telah mendapatkan izin dari vendor. Lain halnya dengan distributor tidak resmi, kebanyakan produk yang dipasarkan dan disalurkan secara tidak resmi.

Kendati demikian, bukan berarti distributor tidak resmi menjual barang palsu, refurbish, atau rekondisi. Terkadang distributor ini memasarkan produk asli, hanya saja produk tersebut dimasukkan dan dipasarkan di Indonesia tanpa ada kerja sama dengan perwakilan vendor di Indonesia.

2. Apa Perbedaan Garansi Distributor dan Garansi Resmi?

Secara kasat mata mungkin Anda tidak bisa menemukan perbedaan fisik antara iPhone yang memiliki garansi distributor dan produk bergaransi resmi. Namun jika dilihat dari berbagai aspek lainnya, ada perbedaan yang cukup signifikan.

Berikut ini sejumlah perbedaan antara garansi distributor dan garansi resmi yang wajib Anda ketahui:

2.1. Cakupan Garansi

Berbicara tentang cakupan garansi, sudah tentu garansi resmi Apple memiliki cakupan yang lebih lengkap dan memadai. Hal ini sesuai dengan standar tinggi yang ditetapkan oleh Apple pada setiap produknya.

Tidak hanya sekedar perbaikan, Apple juga bersedia memberikan pengganti apabila ditemukan cacat produksi pada iPhone. Selama masih memiliki perlindungan garansi, Anda bisa mengajukan klaim untuk perbaikan atau penggantian perangkat.

Lain halnya dengan garansi distributor. Cakupan perlindungan yang diberikan tergantung kebijakan perusahaan distributor. Namun biasanya perlindungan tersebut juga tidak selengkap yang bisa Anda dapatkan dari garansi resmi.

Garansi distributor juga relatif singkat, yaitu satu tahun sejak pembelian pertama. Bahkan beberapa distributor hanya memberikan perlindungan selama beberapa bulan saja.

2.2. Harga

Tidak bisa dipungkiri bahwa iPhone garansi distributor dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan iPhone dengan garansi resmi. Pasalnya harga resmi iPhone di Indonesia mengikuti harga yang dipatok di pasar global.

Salah satu yang membuat iPhone garansi resmi lebih mahal adalah karena penambahan biaya pajak, cukai, dan lain sebagainya. Tentu saja ini merupakan beban yang harus ditanggung agar produk bisa masuk secara resmi ke Indonesia. Sayangnya banyak pelanggan yang tidak memperhatikan hal ini.

Lantas apa yang membuat iPhone dengan garansi distributor lebih murah? Tentu saja karena produk-produk tersebut masuk secara ilegal atau tidak resmi sehingga tidak dibutuhkan biaya tambahan untuk pajak dan cukai. Hal ini pula yang membuat harga iPhone bisa ditekan lebih rendah.

2.3. Klaim Garansi

Klaim garansi iPhone resmi terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengunjungi authorized reseller yang tersebar di seluruh Indonesia dan petugas akan memberikan pelayanan terbaik. Dengan banyaknya authorized reseller dan service center, Anda bisa melakukan perbaikan dengan mudah.

Service resmi Apple juga memiliki teknisi yang terlatih untuk menangani berbagai permasalahan iPhone. Jadi Anda bisa meninggalkan ponsel dengan tenang tanpa khawatir akan bertambah rusak. Apabila dibutuhkan penggantian komponen, tentu saja komponen tersebut terjamin keasliannya.

Berbeda dengan klaim garansi distributor. Mungkin dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengklaim garansi apabila terjadi kerusakan pada iPhone. Hal ini tergantung kebijakan yang diberlakukan oleh distributor. Selain itu, teknisi juga belum tentu terlatih untuk mengatasi masalah pada iPhone Anda.

3. Apakah iPhone Garansi Distributor Aman?

Keputusan untuk memilih iPhone bergaransi resmi atau garansi distributor tergantung pada Anda. Jika Anda ingin menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh iPhone namun tidak memiliki budget yang cukup, iPhone dengan garansi distributor bisa menjadi pilihan.

Namun jika Anda memiliki dana lebih, alangkah lebih baik jika Anda membeli iPhone di distributor resmi atau authorized reseller. Di sini, seluruh iPhone dijamin memiliki garansi resmi sehingga Anda bisa mendapatkan semua perlindungan yang dibutuhkan.

Singkatnya, iPhone garansi distributor tidak memiliki perbedaan secara fisik dari iPhone bergaransi resmi. Namun ada perbedaan yang cukup signifikan dalam hal harga ponsel, cakupan perlindungan, serta alur klaim garansi. Apakah Anda tertarik untuk membeli iPhone dengan garansi distributor? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar