iPhone Dinonaktifkan Sambungkan ke iTunes: Bagaimana Mengatasinya?

iPhone Dinonaktifkan Sambungkan ke iTunes: Bagaimana Mengatasinya?

iPhone Dinonaktifkan Sambungkan ke iTunes: Bagaimana Mengatasinya?

Sebagai produk ponsel berkelas, iPhone memiliki sistem keamanan yang sudah tidak diragukan lagi. Sayangnya sistem keamanan tersebut justru bisa menyebabkan masalah tersendiri bagi pengguna, salah satunya adalah munculnya pesan iPhone dinonaktifkan sambungkan ke iTunes.

Apa maksud dari notifikasi tersebut? Jika Anda menerima pesan serupa, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Tutorial iOS / iPhone OS lengkap berikut akan mengulas lebih dalam mengenai masalah yang satu ini. Jangan cemas, simak pembahasan lengkap di bawah ini!

1. Mengapa iPhone Dinonaktifkan?

Ketika Anda menerima pesan bahwa iPhone dinonaktifkan, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan perangkat saat itu juga. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi masalah ini, terlebih dahulu Anda perlu memahami mengapa iPhone bisa nonaktif sendiri.

iPhone Anda dibekali dengan sistem keamanan berupa kode sandi atau ID touch untuk mengakses perangkat. Apabila Anda memasukkan kode yang salah sebanyak 5 kali berturut-turut, maka iPhone akan dinonaktifkan secara otomatis dan Anda harus menunggu 1 menit sebelum menggunakannya.

Setelah menunggu selama 1 menit, Anda diperbolehkan untuk memasukkan kembali kode sandi yang tepat. Namun jika kesalahan tersebut terulang dan Anda salah input kode sandi hingga 10 kali berturut-turut, maka Anda akan menerima pesan iPhone dinonaktifkan, sambungkan ke iTunes.

Jika mengalami kondisi ini, maka perangkat Anda tidak bisa digunakan. Bahkan iPhone akan menghapus seluruh data ketika dihidupkan sebagai bentuk pengamanan terhadap data-data yang tersimpan di dalam perangkat.

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Tentu saja Anda tidak ingin seluruh data terhapus begitu saja bukan? Tidak perlu khawatir berlebihan. Ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah ini tanpa kehilangan data.

2. Cara Mengatasi iPhone Dinonaktifkan Sambungkan ke iTunes

Jika ponsel Anda dinonaktifkan karena kesalahan dalam memasukkan kode sandi, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menunggu sesuai dengan waktu yang tertera. Setelah waktu tunggu selesai, masukkan kode sandi yang benar untuk membuka kunci layar.

Namun jika ponsel terlanjur menampilkan pesan iPhone dinonaktifkan sambungkan ke iTunes, maka Anda harus menempuh cara lain untuk mengatasinya. Berikut ini pilihan cara yang bisa dilakukan:

2.1. Restore via iTunes

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah restore melalui iTunes. Sebelumnya Anda perlu mengingat passcode serta memastikan bahwa Anda sudah melakukan backup data sebelumnya. Jika sudah yakin, ikuti langkah berikut:

  • Sambungkan iPhone ke komputer, jalankan iTunes.
  • iPhone Anda akan terdeteksi. Pilih Restore untuk memproses pemulihan data dari folder cadangan yang berasal dari backup sebelumnya.
  • Tunggu hingga proses pemulihan selesai.

Metode ini terbukti cukup efektif untuk mengatasi iPhone yang memunculkan pesan dinonaktifkan tersebut. Setelah berhasil, Anda juga bisa mempelajari cara memindahkan video ke iPhone tanpa iTunes demi melengkapi koleksi di galeri ponsel.

2.2. Recovery Mode

Recovery Mode juga diketahui sebagai salah satu cara efektif untuk mengatasi iPhone yang dinonaktifkan dan diminta untuk menyambungkan ke iTunes. Metode ini bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki cadangan atau lupa passcode.

Sayangnya, cara ini akan menghapus seluruh data yang ada di dalam ponsel. Apabila Anda tidak masalah dengan hal tersebut, berikut langkah-langkahnya:

  • Jika iPhone masih tersambung dengan komputer, maka Anda perlu mencabut kabel data terlebih dahulu.
  • Jalankan iTunes.
  • Selanjutnya tekan tombol Power dan Home secara bersamaan untuk mematikan ponsel.
  • Lepas tombol Power, namun tetap tekan tombol Home.
  • Sambungkan iPhone ke PC menggunakan kabel data.
  • Tetap tekan tombol Home sampai muncul notifikasi pada iTunes jika perangkat sudah berada dalam Recovery Mode.
  • Pilih tombol Restore.
  • Tunggu hingga proses selesai dan instal ulang berhasil.

Meskipun menghapus seluruh data, cara ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi iPhone yang dinonaktifkan.

3. Cara Menghindari iPhone Dinonaktifkan

Kejadian buruk ini bisa terulang kapan saja, terutama jika Anda tidak berhati-hati saat menggunakan iPhone. Berikut ini beberapa tips untuk memastikan agar iPhone Anda tidak dinonaktifkan kembali di masa mendatang:

3.1. Hindari Memasukkan Kode Salah Berulang-ulang

Kunci penting untuk menghindari iPhone yang dinonaktifkan adalah dengan tidak memasukkan passcode yang salah secara berulang-ulang. Pasalnya penyebab utama dari iPhone dinonaktifkan adalah kesalahan dalam memasukkan passcode sebanyak 10 kali berturut-turut.

3.2. Gunakan Passcode yang Mudah

Anda mungkin memiliki banyak sekali kode sandi yang tersimpan di otak, seperti sandi untuk akun media sosial, akun email, dan lain sebagainya. Gunakanlah sandi yang mudah diingat sehingga Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

3.3. Hindarkan iPhone dari Anak-Anak

Tidak jarang masalah ini disebabkan oleh anak-anak yang tidak sengaja memasukkan nomor secara acak dan berulang-ulang. Oleh karena itu, penting untuk menghindarkan ponsel Anda dari anak kecil.

iPhone dinonaktifkan sambungkan ke iTunes merupakan bagian dari sistem keamanan untuk menjamin agar data tetap aman ketika perangkat menerima kode sandi yang salah. Meskipun Anda tahu cara mengatasinya, ada baiknya jika Anda berhati-hati agar kejadian ini tidak terulang kembali. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar