iPhone 13 Diprediksi Intimidasi Huawei

Jakarta, TechOPet —

Pakar gadget Ming-Chi Kuo memprediksi iPhone 13 yang dijadwalkan dirilis pada September 2021 akan meningkatkan posisi iPhone di global. Kehadiran iPhone 13 diduga dapat menenggelamkan ponsel merek China, Huawei.

Kuo percaya Apple akan meraih pasar lebih baik untuk iPhone 13 tidak hanya pada tahun ini melainkan juga 2022.

Ia memperkirakan pengiriman akan mencapai 230-240 juta tahun ini dan naik hingga 250-260 juta unit pada 2022. Sedangkan tahun lalu pencapaian merek tersebut telah sebanyak 195 juta unit.



Pangsa pasar ponsel pintar global Huawei diketahui telah menyusut sejak perusahaan itu dimasukkan dalam Daftar Entitas oleh Amerika Serikat, yang secara efektif melarang perusahaan tersebut ada di negara paman sam.

Hal itu juga mempersulit raksasa China ini untuk berbisnis smartphone dan peralatan lainnya. Huawei diketahui meraih 17 persen pangsa pasar pada Q1 2020, lalu turun menjadi empat persen pada Q1 2021.

Kendati demikian, pada 2020 Huawei diklaim berhasil mengukuhkan diri sebagai vendor ponsel nomor satu di dunia berdasarkan data pengapalan global yang dikeluarkan oleh perusahaan riset Counterpoint Research untuk April 2020.

Berdasarkan data tersebut Huawei menyumbangkan 21,4 persen pengiriman smartphone global dan di posisi kedua ditempati Samsung Electronics yang hanya menyumbang 19,1 persen dari total pasar ponsel sebesar 69,37 juta unit pada April 2020, atau turun 41 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Pencapaian Huawei berkat aksi solidaritas warga China atas pembatasan AS. Penjualan Huawei di kampung halaman terus tumbuh dalam beberapa waktu terakhir.

Sedangkan saat ini pada paruh kedua tahun 2021, Kuo memperkirakan iPhone akan memperoleh pangsa pasar kelas atas karena ‘peningkatan spesifikasi’ dan ‘larangan AS terhadap Huawei.

Apple diketahui punya rencana mengumumkan empat model iPhone baru tahun ini, menurut Gizmo China.

Untuk iPhone 13 diduga kuat sejumlah spesifikasi pentingnya masih menyerupai iPhone 12, seperti ponsel teranyar diprediksi disematkan Light Detection and Ranging (LiDAR), dengan layar 6,1 inci Super Retina XDR yang memiliki kecepatan refresh 120Hz.

Selain itu diharapkan iPhone 13 memiliki takik atau ruang pada muka ponsel lebih kecil dari pendahulunya. Ponsel ini juga masih disematkan pengaman yaitu pemindai muka (Face ID) mengutip 9to5mac.

Terdapat peningkatan kualitas kamera, di antaranya adalah pengambilan video yang mencapai resolusi 8K serta dilengkapi dengan pelindung lensa pada kamera yang menggunakan kaca berbahan safir.

(ryh/mik)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar