Internet 5G Telkomsel Resmi Tersedia, Menkominfo: Revolusioner

techopet.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebutkan langkah Telkomsel dalam menghadirkan jaringan 5G hari ini, Kamis (27/5/2021), menjadi satu langkah bersejarah untuk masa depan digitalisasi Indonesia.

“Ini adalah hari bersejarah. Hari ini menandai satu langkah revolusioner, menatap masa depan digitalisasi di Indonesia,” katanya dalam sambutan peluncuran 5G Telkomsel, Kamis (27/5/2021).

Menurut Plate, jaringan 5G memang sudah banyak diminta oleh beberapa pihak. Ini menjadi tanda baik sekaligus tantangan luar biasa untuk mengimplementasi harapan mereka.

Ia menjabarkan, hari ini juga menandai keseriusan Telkomsel dalam mengambil langkah cepat untuk mengawali penyebaran 5G. Meski begitu, ini bukan momen sebagai pihak mana yang paling cepat menghadirkan 5G, tapi didasarkan pada pertimbangan yang matang.

Kemudian, hari ini juga akan menjadi momentum yang tercatat dalam riwayat dunia, di mana Indonesia mengambil bagian sebagai negara yang sudah menghadirkan 5G secara komersial. Ia juga menyebut langkah ini sudah dipertimbangkan dengan semua konsekuensi, baik itu positif seperti peluang dan harapan, maupun negatif seperti tantangan.

“Transformasi digital dari ruang fisik ke digital sudah luar biasa. Ada 196 juta warga internet Indonesia. Satu peluang dan space digital yang luar biasa. Di era pandemi covid-19, era ini adalah awal dan memberikan tanda akselerasi digital itu sendiri,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menyarankan jaringan 5G digunakan untuk kepentingan nasional. Sebab, jaringan 5G memiliki beberapa ketangguhan seperti jaringan cepat, latensi rendah, hingga spektrum yang efisien.

Terakhir, ia juga memastikan peran pemerintah untuk memenuhi kebutuhan spektrum hingga 2024 untuk mendukung 4G dan 5G deployment.

“Itu pekerjaan besar. Tapi saya pastikan pemerintah akan menyiapkan ini. Gunakan jaringan 5G secara optimal dan maksimal, gunakan untuk industri, gunakan cara cerdas, komunikasi efektif, untuk memudahkan kita mendukung 5G deployment,” pungkasnya.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar