Internet 5G Telkomsel Resmi Tersedia, Dirut: Hari Bersejarah

techopet.com – Setelah sekian lama dinanti, Telkomsel akhirnya meresmikan jaringan 5G secara komersial hari ini, Kamis (27/5/2021). Hal ini menjadikan Telkomsel sebagai operator pertama yang menyajikan 5G di Indonesia.

“Hari ini merupakan hari bersejarah, di mana Telkomsel menjadi operator pertama yang meluncurkan jaringan 5G di Indonesia,” kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam sambutannya di konferensi pers yang disaksikan virtual, Kamis (27/5/2021).

Setyanto mengatakan, upaya Telkomsel untuk menjadi operator pertama yang menggelar 5G di Indonesia memerlukan waktu sangat panjang. Ia memaparkan, uji coba 5G pertama dilakukan pada 2018 yang bertepatan dengan Asian Games.

Setahun kemudian, Telkomsel mencoba mengimplementasikan 5G di Batam untuk kawasan industri. Kemudian pada 2020, Telkomsel juga melakukan serangkaian uji coba 5G.

“Dan di 2021 kami ajukan uji ke Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan alhamdulillah dapat Surat Keterangan Laik Operasi,” papar Setyanto.

Lebih lanjut, Setyanto menjelaskan jaringan ini akan menumbuhkan talenta-talenta digital dan new digitalpreneur. Tujuan Telkomsel untuk mengadopsi teknologi digital di masyarakat diharapkan dapat meningkat sekaligus menyajikan kompetisi digital yang semakin baik.

“Telkomsel berkomitmen untuk menjadi operator terdepan yang mengimplementasikan layanan ini untuk masyarakat indonesia. Kami berharap jaringan ini dapat memberikan manfaat banyak bagi masyarakat lokal,” jelasnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, dalam jumpa pers Senin (24/5/2021), Kominfo mengumumkan telah memberikan izin bagi Telkomsel untuk menggelar internet 5G di Tanah Air.

Surat Keterangan Laik Operasi untuk Telkomsel diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika pada 21 Mei 2021, sementara uji laik operasi (ULO) dilakukan pada 19-20 Mei.

Sebelum memberikan izin kepada operator seluler untuk memberikan layanan 5G komersial, Kominfo sudah 12 kali menggelar uji coba 5G dalam kurun waktu tiga tahun, termasuk salah satunya bersama Telkomsel pada gelaran Asian Games 2018 lalu di Jakarta.

Dengan demikian, Telkomsel kini menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menyediakan internet 5G secara komersial.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar