Ini Dia Cara Menggunakan Kahoot, Platform Belajar yang Seru

Ini Dia Cara Menggunakan Kahoot, Platform Belajar yang Seru

Ini Dia Cara Menggunakan Kahoot, Platform Belajar yang Seru

Di zaman serba digital saat ini, belajar pun tidak perlu lagi jenuh dan membosankan. Mengapa begitu? karena saat ini sudah ada Kahoot sebagai platform berbasiskan game interaktif sehingga proses pembelajaran di kelas bisa lebih seru dan menyenangkan.

Tidak hanya sebagai sarana belajar, Kahoot ternyata juga cocok untuk mengadakan kuis trivia saat berkumpul-kumpul bersama teman ataupun sekadar mengisi waktu luang Anda.

Lalu bagaimana cara Kahoot bekerja? Singkatnya, platform ini dirancang untuk memungkinkan Anda untuk menampilkan serangkaian soal pada layar proyektor melalui PC. Kemudian, bagi siapapun yang ingin berpartisipasi tinggal memasukkan kode PIN pada aplikasi Kahoot di Android maupun iOS. Sangat mudah bukan?

Nah, soal akan muncul di layar dan masing-masing pemain harus menginputkan jawaban yang benar pada layar ponsel. Sangat menarik, bukan? Jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut lagi Cara menggunakan kahoot, Anda dapat menyimak ulasan-ulasan berikut ini!

1. Cara Menggunakan Kahoot

Anda tidak perlu khawatir! Siapa sangka cara menggunakan kahoot tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya memerlukan koneksi internet, layar yang besar, dan juga perangkat Android maupun iOS. Berikut adalah cara menggunakan kahoot

1.1. Langkah Membuat Akun di Kahoot.com

Jika ingin tahu mengenai cara menggunakan kahoot pertama-tama, Anda dapat mengunjungi laman Kahoot pada browser PC Anda. Silahkan ketikkan URL “https://kahoot.com” pada kolom alamat web lalu tekan Enter.

Kemudian, klik tombol Sign Up yang terletak pada bagian pojok kanan atas.

Nah, salah satu cara menggunakan kahoot, Anda harus memahami bahwa pada menu ini ada empat pilihan tipe akun sesuai dengan identitas diri Anda dengan keterangan-keterangan sebagai berikut:

  • Teacher

    Tipe akun ini akan sangat cocok jika Anda adalah sebuah pengajar pada institusi pendidikan seperti sekolah ataupun universitas.

  • Student

    Tipe akun ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengadakan belajar bersama teman-teman atau untuk kepentingan presentasi kelompok di kelas.

  • Personal

    Jika diinginkan, Anda pun juga bisa memilih untuk tidak mengafiliasikan diri Anda dengan status-status seperti guru, murid, ataupun pegawai. Akun ini bisa disesuaikan untuk Anda yang tidak memiliki tujuan khusus seperti tipe-tipe akun lainnya.

  • Professional

    Apakah Anda ingin mengadakan town hall meeting ataupun rapat keseluruhan? Kabar baiknya bermain Kahoot akan memancing antusiasme rekan kerja Anda, lho. Ini juga merupakan salah satu cara yang sehat untuk memberikan insentif pada karyawan yang berhasil memenangkan permainan.

1.2. Bagaimana Cara Membuat Akun di Kahoot?

Sebelum mengetahui cara Menggunakan kahoot, terlebih dahulu Anda harus membuat akun di kahoot. Setelah Anda menentukan ingin membuat akun dengan tipe seperti apa, kemudian Anda dapat melanjutkan cara menggunakan kahoot dengan langkah-langkah dibawah ini:

  • Lakukan klik pada salah satu tipe akun yang ANda inginkan. Nantinya Anda akan dimintai keterangan mengenai tempat Anda bekerja, mengajar, atau bersekolah. Nah, pada contoh kali merupakan tutorial membuat akun kahoot menggunakan tipe akun Personal.
  • Setelah itu, ANda dapat memasukkan tanggal, bulan, dan tahun lahir Anda pada format isian yang tersedia. Kemudian, klik Continue.
  • Lalu akan muncul sebuah halaman yang meminta Anda untuk mengisikan data nama pengguna atau username. Jika tidak mau repot-repot memikirkan nama, Anda dapat melakukan klik pada ikon berbentuk tongkat sihir untuk membuat nama akun secara acak. Selanjutnya, klik Continue.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda dapat memasukkan data email dan kata sandi untuk mendaftarkan akun. Anda juga bisa memilih akan daftar menggunakan akun Google atau Microsoft untuk proses yang lebih cepat.
  • Setelah itu, Anda akan diarahkan padai empat paket harga seperti Basic yang bisa didapatkan secara gratis dan juga bisa menampung pemain hingga 10 orang. Lalu ada juga paket Plus dengan batas maksimal pemain sebanyak 20 orang. Untuk paket Plus sendiri, Anda harus membayar $48 setiap tahunnya atau setara dengan Rp700-ribuan per tahun.
  • Opsi lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Pro yang bisa dimainkan oleh hingga 50 orang dan juga Kahoot! 360 Pro untuk penggunaan kantor skala besar bahkan bisa mencapai 2000 orang. Untuk melanjutkan proses pendaftaran, Anda dapat memilih paket yang gratis dengan mengklik tombol Get Basic pada menu.

2. Cara Membuat Sebuah Game Kahoot

Cara menggunakan Kahoot berikutnya, terlebih dahulu Anda harus bisa membuat sebuah game. Nah, setelah Anda berhasil membuat akun Kahoot, Anda akan segera dialihkan ke laman dashboard yang akan menampilkan berbagai informasi dan pilihan menu. Di bagian ini Anda bisa meng-upgrade akun, melihat progres permainan apa saja yang sudah pernah dimainkan juga menjelajahi pilihan game teratas.

Anda bahkan bisa mengklik menu See how it works untuk ikut berpartisipasi dalam permainan demo. Namun jika Anda ingin langsung membuat game, Anda dapat melakukan klik pada tombol Create kahoot.Apabila Anda tidak ingin membuat pertanyaan dan jawaban dari awal, Anda juga bisa memilih salah satu dari pilihan template yang ada di menu. Jika Anda lebih suka membuat game dari nol, Anda dapat memilih Create.

Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman yang berisikan fitur untuk membuat game. Cara menggunakan kahoot berikutnya Anda harus memahami penjabaran dari masing-masing fitur pada menu create game:

  • Anda akan diarahkan pada fitur placeholder yang berfungsi untuk menampilkan pertanyaan yang ada dalam game. Silahkan tuliskan pertanyaan kuis Anda di sini.
  • Selain itu Anda juga bisa mengatur batas waktu untuk menjawab soal. Pilihannya terdiri dari durasi 5 detik, 10 detik, 20 detik, hingga durasi yang paling lama adalah 120 detik.
  • Masing-masing soal yang berhasil dijawab akan menambah poin pemain. Nah, pada bagian ini Anda juga bisa menggeser slider-nya ke kiri untuk 0 poin maupun ke kanan untuk 2000 poin. Nah, secara default satu soal akan secara otomatis memberikan poin 1000 jika berhasil dijawab dengan benar.
  • Answer Options merupakan sebuah opsi yang digunakan untuk mengatur apakah pemain hanya bisa memilih satu jawaban atau juga bisa lebih dari satu jawaban.
  • Pada menu ini, Anda bahkan bisa memasang gambar, baik itu hanya sekadar ilustrasi maupun berupa gambar petunjuk. Caranya cukup mudah! Anda hanya perlu klik Image library untuk memilih foto yang disediakan oleh Kahoot! atau silahkan klik Upload Image untuk memasangkan foto yang Anda punya di hardisk. Menariknya, Anda juga bisa memasukkan video menggunakan link YouTube.
  • Silahkan masukkan minimal 2 pilihan jawaban dan pilih jawaban yang benar dengan mengklik didalam sebuah lingkaran. Nah, Anda juga bisa membuat soal ini agar memiliki lebih dari satu jawaban yang benar, lho. Pilihan jawaban yang Anda buat juga tidak harus berbentuk tulisan, bahkan Anda bisa menggantinya dengan gambar.
  • Selanjutnya, klik tombol Add question untuk menambahkan soal-soal berikutnya.
  • Nah, makin menariknya apabila Anda kehabisan ide, Anda pun bisa mengklik Question bank dan mengambil beragam pertanyaan yang telah dibuatkan oleh pengguna Kahoot! lainnya.
  • Setelah Anda selesai menambahkan pertanyaan-pertanyaan beserta pengaturannya, silahkan klik tombol Done untuk menyudahi proses pembuatan game.
  • Terakhir, masukkan judul dan deskripsi permainan di kolom yang tersedia, lalu klik tombol Continue jika sudah.
  • Game Anda siap digunakan.

Itulah cara menggunakan cara menggunakan kahoot! aplikasi belajar online yang seru. Tidak sulit bukan? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar