Ilmuwan Cari Pohon Bulan dari Misi Apollo 14 NASA

techopet.com – Para ilmuwan berusaha menemukan 15 “pohon Bulan” dari misi Apollo 14 NASA pada 1971 di Inggris.

Pohon Bulan tersebut tumbuh dari biji yang pernah dibawa oleh para astronot misi Apollo 14 dan pohon itu kini bisa tumbuh di mana saja di Inggris, termasuk di taman pribadi.

Salah satu astronot misi Apollo 14, Stuart Roosa, membawa 500 benih Sycamore, Loblolly Pine, dan varietas pohon lain bersamanya saat kapsul Apollo 14 mengorbit Bulan.

Sebagian besar ditanam di Amerika Serikat, tetapi diperkirakan ada 15 yang didatangkan ke Inggris . Ssekarang, Royal Astronomical Society (RAS) dan Badan Antariksa Inggris mencoba untuk menemukannya.

Lima belas pohon tersebut juga mencakup pohon redwood, cemara Douglas, dan sweetgums, tetapi sekitar sepertiganya diperkirakan mati sejak ditanam pada tahun 1970-an.

Misi tersebut adalah bagian dari Apollo 14, di mana dua astronot dalam misi (Alan Shepard dan Edgar Mitchell) berjalan di permukaan Bulan, astronot Stuart Roosa mengorbit di atas dalam modul perintah dengan benih yang disimpan di peralatan pribadinya.

Pohon dari benih yang dibawa dalam misi Apollo 14. [NASA]
Pohon dari benih yang dibawa dalam misi Apollo 14. [NASA]

Benih-benih itu dikirim ke luar angkasa dalam upaya untuk menyelidiki apakah perjalanan luar angkasa mempengaruhi tanaman.

Jika pohon tersebut dapat dilacak, maka menanam stek dari tanaman tersebut akan menjadi bagian dari peringatan dua abad RAS, yang seharusnya dirayakan pada tahun 2020.

“Saya belum dapat mengungkap apa pun dengan pasti. Saya telah mengikuti beberapa petunjuk selama sebulan terakhir, tetapi tidak berhasil,” kata Steve Miller, Wakil Presiden Royal Astronomical Society (RAS), dikutip dari Daily Mail, Kamis (22/4/2021).

RAS sebelumnya telah dijanjikan pohon Bulan generasi kedua yang tumbuh di taman pribadi di Desa Flamstead, Chiltern Hills.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar