Hyundai Gandeng Samsung Buat Chip untuk Mobil

Jakarta, TechOPet —

Hyundai menggandeng Samsung dan pemerintah Korea Selatan untuk mengatasi kekurangan chip sebagai salah satu komponen dalam pembuatan mobil.

Kerjasama antara Samsung, Hyundai, dan pemerintah Korea Selatan ini diketahui juga melibatkan Institut Teknologi Elektronik Korea Selatan, Institut Teknologi Otomotif Korea, serta Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi.

Melansir Gizmo China, industri otomotif setempat akan penerima manfaat utama dari kolaborasi baru ini. Mereka juga akan menerima dampak secara global bila kemitraan itu berhasil.

Samsung dan Hyundai disebut akan mengembangkan semikonduktor super efisien, chip manajemen baterai, sensor gambar, dan prosesor aplikasi untuk sistem hiburan dalam mobil.

Sementara itu Samsung berencana mengembangkan produk semikonduktor otomotif berkinerja tinggi berdasarkan wafer 12 inci daripada mengandalkan wafer 8 inci seperti industri lainnya.

Namun begitu semua pihak menyadari pasar semikonduktor otomotif tidak menguntungkan seperti yang ada pada produk seluler. Sehingga upaya ini dimaksudkan untuk memiliki keuntungan jangka panjang.

Baik Samsung Electronics dan Hyundai menyadari fakta bahwa mereka mungkin tidak memperoleh keuntungan besar sejak awal.



Tapi pengamat pasar percaya tujuan mereka untuk membangun kehadiran yang lebih kuat dalam rantai pasokan semikonduktor otomotif lokal karena kendaraan listrik terus mendapatkan popularitas.

Mengutip Sammobile, langkah ini dilakukan pemerintah Korea Selatan yang ingin agar negaranya lebih mandiri, terutama pada bidang semi konduktor otomotif.

Untuk diketahui chip saat ini mengalami kelangkaan yang membuat produksi mobil dari sebagian besar pabrikan otomotif global mengalami gangguan. Tiga merek besar asal Jepang Honda, Mitsubishi, Nissan, dan Toyota, telah mengeluhkan hal itu.

(ryh/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar