Hibah Motor Listrik Dukung Patroli Polisi Saat Car Free Day

Jakarta, TechOPet —

Korlantas Polri mendapatkan hibah dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) berupa 10 motor listrik merek BS Electric. Penyerahan motor listrik itu dilakukan oleh Ketua Umum Bambang Soesatyo (Bamsoet) kepada Korlantas pada Senin (3/4).

BS Electric adalah merek baru yang diperkenalkan saat Bamsoet dilantik sebagai Ketua Umum IMI pada Februari. BS sendiri adalah kependekan dari Bike Smart.

Bamsoet menjelaskan penyerahan motor listrik ini agar mendorong kepolisian lebih modern dan diharapkan beralih ke kendaraan elektrifikasi.



Menurut Bamsoet suara motor listrik lebih senyap dari motor konvensional dan memberi torsi instan yang mendukung akselerasi. Hal itu dianggap sangat cocok digunakan jajaran Korlantas Polri. 

“Sangat cocok digunakan oleh jajaran Korlantas Polri kepolisian. Khususnya dalam melakukan pengintaian dan patroli jalan raya saat car free day bebas polusi,” katanya dalam keterangan resmi.

“Jadi sudah tidak zamannya lagi polisi ngebut ninggalin bau kenalpot yang tidak sedap bagi masyarakat. Jadi sudah waktunya kita melakukan percepatan dari bahan bakar kendaraan fosil ke kendaraan elektrik sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo,” kata Bamsoet juga disitat dari ntmcpolri.info.

Sementara itu Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengapresiasi hal ini. Kata dia ini bisa memotivasi Polri beralih menggunakan kendaraan listrik untuk menjalankan tugas.

“Tentunya dengan bantuan motor listrik ini rekomendasinya ke depan kira-kira untuk menggunakan motor dan mobil listrik. Tentunya ini motivasi untuk kita ke depan agar lebih baik lagi,” jelasnya.

Bike Smart ElectricBike Smart Electric. (TechOPet/Febri Ardani)

Motor listrik BS Electric yang sempat dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada April ini didesain seperti skutik yang biasa terlihat di jalanan. Motor ini punya dek rata, baterai di bawah jok, dan satu suspensi di belakang sebelah kiri.

Spesifikasi baterai itu disebut 1.000 watt yang dikombinasikan dengan dinamo 48 volt. Baterai terisi penuh usai dicas 5-6 jam dan dapat digunakan hingga 80 km.

BS Electric sebelumnya terlihat tampil berwarna kuning, termasuk saat dipamerkan di IIMS 2021, namun unit yang diserahkan ke Korlantas Polri terlihat berwarna putih dengan lis warna merah dan biru.

Sebelum memberi hibah 10 motor listrik, IMI sudah menyerahkan satu unit Tesla Model 3 pada Februari kepada Korlantas Polri. Berdasarkan keterangan Presiden Direktur Prestige Image Motorcars Rudy Salim, Model 3 itu dipinjamkan, bukan hibah.

(fea)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar