Harta Karun Zaman Perunggu Berusia 2.500 Tahun Tak Sengaja Ditemukan

techopet.com – Seorang lelaki asal Swedia tidak sengaja menemukan harta karun, sekitar 50 peninggalan Zaman Perunggu berusia lebih dari 2.500 tahun saat sedang membuat peta.

“Sebagian besar harta karun itu terdiri dari perhiasan kuno dan temuan ini merupakan salah satu penemuan peninggalan paling spektakuler dan terbesar dari Zaman Perunggu di negara Nordik,” kata Badan Administratif Daerah dalam sebuah pernyataan.

Di antara peninggalan yang diyakini berasal dari periode antara 750 dan 500 SM, ada beberapa kalung, rantai, dan jarum perunggu yang diawetkan dengan sangat baik.

Benda-benda itu tergeletak di tempat terbuka di depan beberapa batu besar di hutan.

Menurut pihak berwenang, kemungkinan hewan telah menggali area tersebut dari celah di antara batu-baru besar.

Pembuat peta, Tomas Karlsson, menemukan harta karun tersebut saat ia sedang memperbarui peta dan awalnya mengira itu hanya sampah.

Harta karun Zaman Perunggu berusia lebih dari 2.500 tahun. [Göteborgs universitet]
Harta karun Zaman Perunggu berusia lebih dari 2.500 tahun. [Göteborgs universitet]

“Itu terlihat seperti sampah logam. Tapi setelah saya lihat, itu tampak begitu baru dan saya pikir itu palsu,” kata Karlsson, dikutip dari Science Alert, Selasa (4/5/2021).

Karlsson melaporkan, temuan itu ke otoritas lokal yang mengirim tim arkeolog untuk memeriksa situs tersebut.

Menurut Johan Ling, profesor arkeologi di University of Gothenburg, sebagian besar temuan terbuat dari benda perunggu yang dapat dikaitkan dengan perempuan berstatus tinggi, hidup pada Zaman Perunggu.

Beberapa kalung dan gelang diyakini merupakan perhiasan perempuan tersebut, sementara jarum dan lubang tali besar kemungkinan digunakan untuk menghias dan menahan berbagai pakaian terbuat dari wol.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar